Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tudingan Saut Situmorang ke Firli Bahuri Kental Agenda Politik, Kenapa Waktu Pimpin KPK Dulu Diam Saja?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 20 April 2023, 18:36 WIB
Tudingan Saut Situmorang ke Firli Bahuri Kental Agenda Politik, Kenapa Waktu Pimpin KPK Dulu Diam Saja?
Dosen komunikasi politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing/Net
rmol news logo Tudingan yang diarahkan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, oleh Wakil Ketua yang menjabat pada periode 2014-2019, Saut Situmorang, dinilai kental unsur politik.

Analisa tersebut disampaikan komunikolog Indonesia, Emrus Sihombing, merespons tudingan Saut yang menyebut Firli bermain perkara ketika menjadi Direktur Penindakan KPK sewaktu kepemimpinan periode 2014-2019.

“Kalau itu disampaikan sekarang, dia (Saut) punya agenda dong,” ujar Emrus kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (20/4).

Dosen komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH) ini menjelaskan, salah satu yang menunjukkan tudingan Saut patut dipertanyakan kebenarannya, adalah sikap pasifnya sewaktu memimpin KPK yang tidak menegur Firli.

“Artinya kenapa sekarang baru diungkap? Itu ada di kepemimpinan dia. Itu sama saja buruk (kepemimpinannya),” tuturnya.

Maka dari itu, Emrus mendorong agar Saut juga dimintai pertanggungjawabannya, jika memang tudingan yang dialamatkan ke Firli terbukti secara hukum.

“Sajikan fakta, data, bukti hukum yang valid, dan argumentasi hukum yang kuat, jangan hanya mengatakan (Firli) bermain. Kalau seperti itu kan berarti hanya membuat nama seseorang buruk,” ucapnya.

“Padahal, pada saat masa seseorang itu deputi, itu kan dia  (Saut) memimpin. Itu artinya, kita tuntut dia bertanggung jawab juga,” demikian Emrus menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA