Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Beri Diskon, Menko PMK Minta Pengelola Jalan Tol Aktif Sebar Info ke Pemudik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 14 April 2023, 07:56 WIB
Selain Beri Diskon, Menko PMK Minta Pengelola Jalan Tol Aktif Sebar Info ke Pemudik
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy/Ist
rmol news logo Kepadatan kendaraan di musim mudik Lebaran 2023 menjadi perhatian serius pemerintah. Apalagi berkaca arus mudik tahun lalu, kepadatan kerap terjadi di sejumlah titik termasuk rest area.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meminta pengelola jalan tol memberikan pelayanan terbaik serta berinovasi. Seperti melakukan interkoneksi antaroperator jalan tol agar para pengguna hanya perlu men-TAP kartu tolnya di pintu masuk dan saat mau ke luar.

Menko PMK juga meminta para operator jalan tol agar dapat memberikan info-info penting dengan jelas pada saat masuk tol maupun di semua rest area mengenai kondisi jalan.

"Pengelola tol juga harus memberikan info tentang jalur alternatif non-tol di sekitar jalan tolnya, dan juga membantu kelancaran pada saat masuk maupun ke luar tol bekerjasama dengan aparat terkait dan pemda setempat," ujar Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (14/4).

Di sisi lain, Menko mengimbau pemudik mengambil waktu lebih awal untuk mengurangi potensi penumpukan kendaraan dan kemacetan di perjalanan. Bahkan bagi pemudik yang pulang kampung lebih awal akan mendapat potongan harga perjalanan sebesar 20 persen.

Potongan diskon ini hanya berlaku bagi pemudik yang berangkat tanggal 16 sampai 18 April, dan pada waktu balik mudik tanggal 26 sampai 27 April 2023. Diskon ini berlaku di Tol Jakarta-Cikampek; Tol Cikupa Merak; Tol Bakauheni-Kayu Agung.

"Diskon ini merupakan hadiah untuk mereka yang telah memutuskan mudik awal," tutup Menko PMK. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA