Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Ulang Tahun ke-15, Rahmat Bagja: Di Usia Inilah Ujian Kedewasaan Lembaga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Minggu, 09 April 2023, 20:05 WIB
Bawaslu Ulang Tahun ke-15, Rahmat Bagja: Di Usia Inilah Ujian Kedewasaan Lembaga
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, saat memberikan sambutan dalam acara Tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Bawaslu, di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thmarin, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (9/4)/RMOL
rmol news logo Hari ulang tahun yang ke-15 digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dengan melakukan refleksi seraya menyampaikan harapan, dalam acara tasyakuran di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Jakarta Pusat, Minggu (9/4).

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menyampaikan harapan untuk kinerja lembaga yang dipimpinnya saat memberikan sambutan, di depan tamu-tamu undangan.

Dalam acara itu hadir beberapa Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), hingga mantan anggota Bawaslu periode 2008-2012 hingga 2017-2022.

“Hari ini adalah hari ke-15 tahun (Bawaslu). Dan semoga seluruh pengawasan kita menjadi sinergi bagi penyelenggara yang lain. Terutama KPU, bisa memberikan masukan kepada Bawaslu,” ujar Bagja.

Ia menjelaskan, umur 15 tahun bukan umur yang sebentar. Akan tetapi, diharapkan pada usia ini muncul perbaikan-perbaikan kinerja yang lebih berkualitas dari masa sebelumnya.

“Usia ke-15 adalah usia yang pubertas, usia remaja. Di sinilah ujian menuju tingkat kedewasaan kelembagaan,” tuturnya.

Maka dari itu, Bagja berharap di masa kepemimpinannya sekarang ini, Bawaslu semakin matang dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pengawas penyelenggaraan pemilu.

Sebab menurutnya, belakangan kinerja Bawaslu sebagai pengawas penyelenggaraan pemilu dipertanyakan, karena memutus perkara yang dilaporkan parpol dengan isu kontroversial.

Sebagai contoh, ia menyinggung perkara gugatan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), atas dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan KPU, yakni dalam tahapan verifikasi parpol calon peserta Pemilu Serentak 2024.

“Sudah hampir 5 periode (kepemimpinan) Bawaslu melakukan pengawasannya. Kita berharap, periode kelima ini bukan menyurutkan tapi meningkatkan hasil pengawasan,” ucapnya.

“Usia ke-15 ini usia memperkuat. Tentu usia untuk merefleksikan dalam menjawab tantangan masa depan,” demikian Bagja menambahkan.

Dalam momen ini hadir 4 Anggota KPU yaitu August Mellaz, Yulianto Sudrajat, dan Parsadaan Harahap, dan Mochammad Afifuddin. Sementara, 2 Anggota DKPP yang hadir I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dan Ratna Dewi Pettalolo.

Selain itu, hadir Anggota Bawaslu RI periode 2008-2012, Wahidah Suaib; Anggota Bawaslu periode 2012-2017, Nasrullah; dan Anggota Bawaslu 2017-2022, Abhan dan Fritz Edward Siregar.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA