Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konsolidasi Menuju 2024, Partai Buruh Ajak Pengurus KPA Gabung Jadi Caleg

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 13 Januari 2023, 23:58 WIB
Konsolidasi Menuju 2024, Partai Buruh Ajak Pengurus KPA Gabung Jadi Caleg
Pertemuan antara jajaran Partai Buruh dengan pengurus KPA di Jakarta/Ist
rmol news logo Konsolidasi menjadi kata kunci bagi Partai Buruh dalam menyambut tahun politik 2024. Karena sebagai partai baru, penting bagi Partai Buruh untuk menggalang kekuatan dari berbagai elemen masyarakat.

Karena itulah pada Jumat sore (13/1) digelar pertemuan terjadi pertemuan antara Partai Buruh dengan Konsorsium Pembaruan Agraria di sekretariat KPA di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan.

Partai Buruh diwakilki oleh Ketua Bappilu Ilhamsyah, Wakil Presiden Agus Supriyadi, Ketua Majelis Nasional Agus Ruli, dan sejumlah pengurus lainnya.

Sementara dari KPA diwakili oleh Sekjen Dewi Kartika, Ketua Dewan Nasional Yudi. Para pengurus KPA juga ikut hadir, baik yang langsung di lokasi maupun via Zoom.

Saat membuka pertemuan, Dewi Kartika menyebut cita-cita lama dari kalangan gerakan untuk menyinergikan gerakan buruh dan gerakan tani sudah mulai terwujud dalam Partai Buruh. Di mana petani memahami masalah buruh, juga sebaliknya.

Bahkan ide membuat usaha bersama untuk menghidupkan ekonomi bersama sudah dijalankan oleh KPA dan Konfederasi Pergerakan Buruh Indonesia (KPBI), unsur pendiri Partai Buruh.

Sementara Ilhamsyah yang juga Ketua Umum KPBI menyatakan, kedatangan PB ke KPA adalah dalam rangka meminta masukan. Terutama yang berkaitan dengan isu-isu agraria.

Selain itu Ilhamsyah juga mengumumkan bahwa PB akan membuat konvesi capres dari kalangan Gerakan. Ilhamsyah juga mengajak anggota-anggota KPA untuk menjadi calon legislatif atau calon kepala daerah dari Partai Buruh.

Bahkan Ketua Majelis Nasional Partai Buruh, Agus Ruli, yang juga merupakan pimpinan Serikat Petani Indonesia (SPI) secara lugas meminta agar KPA sudi bergabung dalam struktur. Partai Buruh.

Respons dari para pimpinan KPA pun sangat positif terhadap tawaran tersebut. Anggota Dewan Nasional KPA sangat menghargai kesuksesan Partai Buruh dalam melewati verifikasi KPU. Menurutnya ini adalah capaian kesuksesan tertinggi yang diperoleh gerakan sosial.

Pun dengan Sekjen KPA Dewi Kartika yang menyatakan akan membicarakan tawaran ini secara organisasional pada acara Rakernas pada akhir Januari 2023. Karena, ujar Dewi, dalam konstitusi organisasi, Sekjen KPA secara pribadi tidak boleh terafiliasi ke partai politik.

"Tetapi para pengurus yang lain, termasuk yang di Dewan Nasional, tentu diperbolehkan," terang Dewi Kartika.

Pertemuan politik yang hangat antara kaum pergerakan ini terjadi selama kurang lebih 2 jam. Dan ditutup dengan acara makan malam bersama. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA