Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SSI: Konstituen Semua Parpol Mayoritas Setuju Pemilu Proposional Terbuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 05 Januari 2023, 16:50 WIB
SSI: Konstituen Semua Parpol Mayoritas Setuju Pemilu Proposional Terbuka
Ilustrasi/Net
rmol news logo Mayoritas konstituen dari seluruh partai politik di Indonesia setuju agar pemilu digelar dengan sistem proporsional terbuka. Tercatat sebanyak 63 persen konstituen tak menginginkan pemilu kembali ke sistem proporsional tertutup seperti di jaman Orde Baru.

Demikian hasil penelitian dari Skala Survei Indonesia (SSI) yang dirilis pada Kamis (5/1).

"Bisa kita lihat bahwa mayoritas masyarakat Indonesia, yakni 63,0 persen masih setuju agar Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka," ujar Direktur Eksekutif SSI, Abdul Hakim dalam keterangan tertulis.

Sedangkan, kata Hakim, konstituen parpol yang memilih pemilu digelar dengan sistem proporsional tertutup hanya 4,8 persen.

"Dari 100 persen pemilih PAN, 70,0 persen setuju pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka. Sementara hanya 10,0 persen yang setuju pemilu 2024 diubah menggunakan sistem proporsional tertutup. Selebihnya, yakni 20,0 persen mengaku tidak tahu/tidak jawab/rahasia," kata Hakim.

Srvei SSI ini dilakukan pada rentang waktu 6 hingga 12 November 2022 di 34 Provinsi di Indonesia dengan menggunakan teknik penarikan sampel multistage random sampling. Adapun, jumlah responden sebesar 1.200 responden dengan Confidence Interval/margin of error sebesar ± 2,83 persen, Confidence Level/tingkat kepercayaan sebesar 95,0 persen. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA