Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Minta Pemerintah Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrim Saat Arus Balik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yayan-sopyani-al-hadi-1'>YAYAN SOPYANI AL HADI</a>
LAPORAN: YAYAN SOPYANI AL HADI
  • Jumat, 22 Juni 2018, 04:24 WIB
DPR Minta Pemerintah Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrim Saat Arus Balik
Bambang Soesatyo/Net
rmol news logo Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis  potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan pemerintah dari pusat hingga daerah agar bersiaga menghadapi cuaca ekstrem tersebut.

Hal itu untuk memininalisir korban arus balik yang menggunakan moda trasportasi laut dan udara.

Politisi Golkar ini juga meminta Kementerian Perhubungan dan Badan SAR Nasional (Basarnas) segera berkoordinasi dengan BMKG guna memperoleh informasi tentang kondisi cuaca terkini.

Kemenhub dan dinas perhubungan di daerah juga harus sigap mengecek kembali moda transportasi udara, laut, danau, sungai dan darat agar laik jalan sehingga tidak terjadi kecelakaan seperti tenggelamnya kapal motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara.

"Saya imbau untuk update kondisi cuaca ekstrem secara berkala setiap satu jam sekali," ujar Bamsoet, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/6).

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, juga mendorong Kemenhub untuk mendisiplinkan para pengusaha transportasi, terutama agar menaati peraturan tentang keselamatan perjalanan. Menurutnya, standard operating procedure (SOP) keselamatan setiap moda transportasi harus benar-benar dipatuhi.

"Tak terkecuali moda transportasi BUMN," ujarnya. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA