Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HMPI Yakin Penanaman Ideologi Pancasila Tak Terkooptasi Kepentingan Tertentu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 09 Juni 2017, 10:38 WIB
HMPI Yakin Penanaman Ideologi Pancasila Tak Terkooptasi Kepentingan Tertentu
Yudi Latif
rmol news logo Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) menyambut baik Keputusan Presiden mengangkat Yudi Latif sebagai Ketua Unit Kerja Presiden (UKP) Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP). Karena Yudi Latif dinilai sebagai sosok yang tepat untuk mengemban jabatan tersebut.

"HMPI mengapresiasi mengapresiasi atas dilantiknya Kang Yudi Latif," jelas Ketua DPP HMPI, Andi Fajar Asti, (Jumat, 9/6).

Sementara itu, Sekjen DPP HMPI Jazilul Fawaid menambahkan bahwa Yudi Latif memang sosok yang sangat concern dengan penggalian epistemologis bahkan ontologis terhadap nilai-nilai Pancasila.

Kabid Keagamaan DPP HMPI Fadhly Azhar juga menyampaikan hal senada. Dia menjelaskan Yudi Latif adalah salah satu santri alumni Pesantren Gontor yang mampu menanamkan doktrin-doktrin spiritual terhadap esensi Pancasila.

Selain itu menurutnya, komposisi anggota Pengarah Pancasila sangat partisipatif melihat bahwa Negara sepertinya sudah mulai mengakomodir antar-aliansi kebangsaan dalam penanaman ideologis di Indonesia.  

Hal ini ditunjukkan dengan keberadaan Megawati Soekarnoputri yang merupakan perwakilan marhaenis-nasionalis, KH Ma'ruf Amin yang mewakili kaum Agamawan NU, Buya Syafii Maarif sebagai akademisi dan tokoh senior Muhammadiyah dan Prof. Mahfud MD sebagai ahli hukum Tata Negara.

"Dengan komposisi ini, besar harapan bahwa penanaman Ideologi Pancasila akan bersifat netral dan lepas dari kooptasi kepentingan politik tertentu," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA