Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KSAD Baru Harus Jaga Soliditas Di Tahun Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 22 November 2018, 09:02 WIB
rmol news logo Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) baru pengganti Jenderal TNI Mulyono akan segera dilantik oleh Presiden Jokowi, hari ini (Kamis, 22/11).

Beredar tiga nama jenderal bintang tiga sebagai KSAD, yakni Pangkostrad Letjen TNI Andika Perkasa, Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman dan Sesjen Wantanas Letjen TNI Doni Monardo.

Menurut pengamat militer Susaningtyas NH Kertopati, siapa pun nanti yang menggantikan Mulyono harus membangun fisik dan psikis TNI AD dengan baik di tahun politik ini.

"KSAD tersebut pada tahun politik ini harus menjaga soliditas TNI Polri merupakan suatu keniscayaan. Netralitas adalah hal yang harus dilaksanakan secara konsisten dengan berbagai konsekuensinya,” kata Nuning biasa disapa kepada Kantor Berita Politik RMOL.

Pasalnya, menurut mantan anggota Komisi I DPR, kekuasaan akan memunculkan ruang perdebatan yang menjurus pada perang urat syaraf.

"Yang sedikit kepleset saja bisa jadi tragedi permusuhan. Hal ini harus diantisiapasi jauh hari. Pihak yang dapat mencegah dan menanggulangi ini adalah TNI Polri," tegasnya.

Masih kata Nuning, secara kekinian TNI harus menjaga tertatanya dengan baik mulai dari integrasi sistem informasi, interoperability sistem informasi hingga composability sistem informasi.

“Semua itu agar informasi perkembangan keadaan yang ada dapat terintegrasi dan diterima dengan tepat cepat oleh prajurit utamanya yang berada di lapangan sehingga tak ada kesalah pahaman,” pungkasnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA