Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ternyata RSPAD Sudah Punya Fasilitas Medis Hadapi Ancaman Nuklir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 24 Oktober 2017, 17:32 WIB
rmol news logo Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) ternyata sudah memiliki fasilitas atau-alat medis guna menghadapi ancaman-ancaman, utamanya dalam penggunaan senjata kimia hingga nuklir.

Begitu dikatakan Kepala RSPAD, Mayjen Terawan Agus Putranto saat menerima delegasi dari 50 negara peserta Top Table Exercise Global Health Security (TTX GHS) di RSPAD, Selasa (24/10).

"Dimana sih tempatnya jika seandainya terjadi kejadian CDRM (terkana radiasi atau paparan nuklir) semua ada disini, boleh dilihat karena kita ingin membuka wawasan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk menhadapi segala hal terutama menghadapi bencana penyakit, dalam kemungkinan terburuk sekalipun," ajaknya.

Selain itu, lanjut Jendral bintang dua yang juga sebagai dokter spesialis radiologi ini, untuk mencegah sekaligus mendeteksi kemungkinan adanya Pandemik (penyakit yang menyebar) buatan yang bisa dikategorikan senjata kimia pemusnah massal, dibutuhkan adanya kolaborasi antara sektor kesehatan publik dan kesehatan militer.

Sehingga terjadi kewaspadaan bersama dan kemampuan merespons pada kasus kesehatan yang bersifat emergency.

"Militer selalu bersama berkontribusi untuk percepatan implementasi internasional health regulation (IHR) 2005," kata perwira tinggi yang menemukan metode DSA (Digital Subtraction Angiogram) untuk pasien yang terkena stroke ini. [sam] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA