Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim HIU Kepulauan Seribu, Berkualifikasi Lumpuhkan Teroris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 10 Juni 2017, 10:47 WIB
Tim HIU Kepulauan Seribu, Berkualifikasi Lumpuhkan Teroris
rmol news logo Sebanyak 15 personel tim Hybrid Interceptor Unit (HIU) dikerahkan Polres Kepulauan Seribu guna membekuk terduga teroris.

Tak butuh waktu lama, seorang terduga teroris yang bersembunyi di Pulau Karya, Kepulauan Seribu Utara, berhasil dibekuk tanpa perlawanan.

Adegan itu adalah bagian dari simulasi tactical game Tim HIU dalam mengantisipasi tindak pidana terorisme.

"Tim Satuan Khusus HIU dibentuk sebagai pengembangan dari tim terdahulunya (Tim Gurita)," kata Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Boy Rando Simanjuntak, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (9/6).

Tim khusus reaksi cepat Polres Kepulauan Seribu itu bertugas untuk menangani ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Pasukannya terdiri 15 personel yang dipimpin langsung dua Perwira Pertama, Iptu Bernardus Koloay dan Iptu Andriyanto. Mereka dilengkapi dengan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, disertai persenjataan yang melekat.

Selain penggerebekan terduga teroris, pelatihan yang dijalanj tim HIU meliputi penyerbuan di atas kapal, penyelaman di laut dalam atau selam Polri, beladiri Polri, hingga menembak cepat dan tembak reaksi.

"Tim HIU dibekali pelatihan khusus yang tidak dimiliki oleh satuan-unit khusus Polres manapun yaitu kemampuan SAR Air menyelam," ungkap Boy.

Kemampuan tim ini diklaim sudah satu tingkat di atas Sabhara dan satu tingkat di bawah Brimob.

Tim HIU tidak hanya akan menangani Kamtibmas di wilayah Kepulauan Seribu, tapi juga siap ditugaskan untuk Bantuan Kendali Operasi (BKO) di setiap Polres jajaran Polda Metro Jaya. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA