Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Charles Honoris Minta Sutiyoso Dicopot Karena Dendam Pribadi

Diduga Takut Pamannya Samadikun Dimiskinkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/dede-zaki-mubarok-1'>DEDE ZAKI MUBAROK</a>
LAPORAN: DEDE ZAKI MUBAROK
  • Jumat, 15 Juli 2016, 21:23 WIB
Charles Honoris Minta Sutiyoso Dicopot Karena Dendam Pribadi
charles honoris/net
rmol news logo Desakan anggota Komisi I DPR RI, Charles Honoris agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencopot Sutiyoso selaku Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) beraroma tak sedap.

Praktisi Hukum, Muara Karta Simatupang bahkan menduga Charles memiliki dendam pribadi dengan Sutiyoso.

"Honoris diduga sakit hati karena pamannya, Samadikun Hartono ditangkap Sutiyoso setelah bertahun-tahun buron ke luar negeri," kata Karta dalam perbincangan di Jakarta, Jumat (15/7).

Dia menegaskan, kalau dugaannya benar, tidak sepantasnya Charles melontarkan pernyataan tersebut. Apalagi, Sutiyoso jelas berusaha sekeras mungkin untuk menangkap Samadikun.

"Penangkapan Samadikun itu prestasi bagus yang harus diapresiasi positif, bukan malah memaksa Jokowi untuk mencopot Sutiyoso," terang Karta.

Dugaan lainnya, Charles mengalami kepanikan setelah ada wacana untuk memiskinkan Samadikun.

"Asetnya kan mau disita negara. Secara manusiawi wajar ya, melihat pamannya yang koruptor ditangkap, walaupun salah ya dibela,” cetus Karta.

Pada 21 April 2016 lalu, Sutiyoso sukses membawa pulang terpidana kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Samadikun. Samadikun ditangkap otoritas China atas kerjasama yang dilakukan oleh BIN dengan pemerintah China.

Proses pemulangan Samadikun sendiri terbilang dramatis, karena Jokowi meminta Sutiyoso, yang ketika itu sedang mendampingi kunjungannya ke eropa untuk ‘mengekseskusi’ Samadikun dari China ke Indonesia. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA