Hingga akhir Mei, Chery Group telah membukukan 1.026.517 unit penjualan dan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 14 persen. Pertumbuhan ini lebih cepat dibandingkan tahun lalu.
Pada bulan yang sama, Chery berhasil mengekspor 100.737 unit kendaraan dan mencatatkan total ekspor sebesar 443.940 unit sepanjang tahun ini. Hal tersebut mengukuhkan posisinya sebagai eksportir mobil nomor satu di China.
Pencapaian ini juga didorong oleh lonjakan permintaan terhadap kendaraan energi baru (NEV). Di mana 63.169 unit NEV terjual pada Mei (naik 47,7 persen YoY), dan total 287.798 unit NEV terjual dalam lima bulan, tumbuh lebih dari dua kali lipat (111,5 persen) dibandingkan tahun lalu.
Di Indonesia, kontribusi Chery terhadap pencapaian global ini juga sangat signifikan. Lini produk unggulan seperti Tiggo Series, C5/E5 Series, dan Chery J6 terus menunjukkan performa penjualan yang solid. Dimulai sejak Desember 2024 hingga April 2025, PT Chery Sales Indonesia (CSI) berhasil mempertahankan tren penjualan positif dengan penjualan di atas 1.000 unit per bulan.
Tren positif masih terus berlanjut hingga Mei 2025, dengan angka penjualan 2.000 unit di tengah kondisi pasar otomotif Tanah Air yang mengalami kontraksi. Pencapaian tersebut tak terlepas dari dukungan ekspansi dealer Chery yang terus bertambah di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Chery telah membuka 48 dealer secara resmi di berbagai penjuru Tanah Air.
“PT Chery Sales Indonesia tentunya sangat bangga dapat menjadi bagian dari pencapaian Chery secara global yang luar biasa. Prestasi ini bukan sekadar mencerminkan komitmen kami dalam menghadirkan produk-produk unggulan, Chery juga turut memberikan sinyal positif agar market tidak terlalu terpuruk melalui kontribusi penjualan dan dukungan luar biasa yang kami terima dari seluruh Chery Family di Indonesia," Head of Brand Department PT CSI, Rifkie Setiawan, di Jakarta, Senin 9 Juni 2025.
"Kami sangat mengapresiasi antusiasme yang begitu tinggi terhadap lini kendaraan Chery. Dukungan dan kepercayaan ini menunjukkan bahwa Chery semakin diterima dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai merek otomotif global yang relevan dengan kebutuhan. Ke depannya, kami akan terus memperkuat komitmen kami dalam menghadirkan inovasi produk yang sesuai dengan karakteristik dan preferensi konsumen di Tanah Air,” sambungnya.
Secara global, pencapaian ini tidak hanya mencerminkan kekuatan penjualan, namun juga hasil dari strategi inovasi jangka panjang Chery yang berfokus pada elektrifikasi, kecerdasan buatan (AI), solusi rendah karbon, dan ekspansi global. Dengan semangat “Technology-Driven”, Chery terus memperkuat fondasi teknologi yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan.
Ekspansi global Chery juga menunjukkan langkah nyata, mulai dari menjalin kerja sama dengan dealer-dealer Eropa hingga debut mengesankan teknologi Chery Super Hybrid (CSH) dalam ajang Barcelona Auto Show pada Mei 2025 lalu.
Ini menandai dimulainya “Ekspansi Eropa” dalam strategi globalisasi Chery , dengan pendekatan adaptasi teknologi dan layanan lokal yang menyeluruh. Terhitung hingga Mei 2025, Chery group telah melayani lebih dari 16,7 juta pelanggan di seluruh dunia, termasuk lebih dari 4,94 juta pengguna secara global.
Dengan pencapaian tersebut, Chery menatap masa depan dengan percaya diri sebagai pemimpin ekosistem mobilitas cerdas yang digerakkan oleh inovasi dan dipercaya secara global.
BERITA TERKAIT: