Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Juarai FIBA Women Asia Cup 2023, Timnas Basket Putri Indonesia Promosi ke Divisi A

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 20 Agustus 2023, 00:59 WIB
Juarai FIBA Women Asia Cup 2023, Timnas Basket Putri Indonesia Promosi ke Divisi A
Timnas basket putri Indonesia promosi ke Divisi A FIBA/Ist
rmol news logo Prestasi gemilang kembali ditorehkan Timnas basket putri Indonesia di ajang  FIBA Women's Asia Cup 2023. Di Nimibutr Stadium Thailand, Sabtu malam (19/8), Tim Garuda sukses mengalahkan Iran dengan skor tipis 55-54.

Kemenangan di laga final itu tak hanya memastikan Indonesia menjadi juara ajang tersebut, sekaligus mengantarkan Henny Sutjiono cs promosi ke Divisi A FIBA.

Timnas putri mengawali laga dengan kurang baik. Pada awal kuarter pertama, mereka sempat tertinggal 4 angka sebelum akhirnya Agustin Retong memperpendek jarak melalui tembakan 3 angka sehingga kedudukan 3-4. Iran menutup kuarter perdana ini dengan keunggulan 12-16.

Pada kuarter kedua, Timnas Putri mulai memberikan perlawanan. Mereka terus memproduksi poin untuk perpendek jarak. Pada kuarter ini, Tim Merah Putih mencetak 12 angka sementara Iran 9 poin. Meski belum bisa memenangkan kuarter kedua, Indonesia sudah memangkas selisih menjadi 24-25.

Mesin Timnas Putri makin panas saat laga memasuki kuarter ketiga. Kejar-kejaran poin pun terjadi dengan sangat ketat. Indonesia akhirnya menutup kuarter ketiga ini dengan keunggulan 43-39.

Keunggulan ini terus dipertahankan Yuni Anggraeni dkk pada kuarter keempat. Hingga akhirnya Timnas Putri keluar sebagai pemenang dengan keunggulan setengah bola saja, 55-54.

Prestasi ini melanjutkan kesuksesan Timnas putri Indonesia usai meraih medali emas cabor basket untuk kali pertama pada SEA Games 2023.

Indonesia menjuarai FIBA Women's Asia Cup 2023 Division B dengan catatan tak terkalahkan dalam 11 pertandingan sejak SEA Games 2023 Kamboja.

Pujian pun disampaikan Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, yang mengapresiasi perjuangan dan kerja keras atlet-atlet putri di Negeri Gajah Putih.

"Kami bangga padamu Timnas Putri. Juara FIBA Women's Asia Cup 2023 Division B dan promosi ke Divisi A," kata Danny dalam keterangannya, Sabtu (19/8). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA