Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penyebab Ridwan Kamil Ditolak Warga Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 16 September 2024, 15:40 WIB
Penyebab Ridwan Kamil Ditolak Warga Jakarta
Ridwan Kamil (Ist)
rmol news logo Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) menghadapi tantangan yang cukup berat dalam merebut simpati pemilih. Terlebih saat ini muncul fenomena penolakan RK saat menyapa warga.

Menurut pandangan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, ada dua faktor utama yang bisa menjelaskan peristiwa tersebut.

Pertama, Adi menyarankan agar ditelusuri lebih lanjut apakah penolakan terhadap RK merupakan aksi yang diorganisir oleh pihak tertentu untuk kepentingan politik Pilkada atau tidak.

"Karena selama ini resistensi terhadap RK nyaris tak ada terutama sebelum penetapan calon Pilgub Jakarta," kata Adi kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Senin (16/9).

Kedua, jika penolakan RK murni datang dari warga, Adi menduga hal tersebut merupakan dampak kekecewaan warga Jakarta setelah Anies Baswedan tidak bisa maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub 2024.

RK yang diusung 12 partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, dinilai berada dalam kubu politik yang menghambat langkah Anies untuk maju.

“Sepertinya ini bagian dari reaksi kekecewaan warga yang menginginkan Anies maju Pilgub Jakarta, tapi tak kesampaian. Meski secara politik RK tak punya dosa apa pun, kekecewaan warga dilampiaskan ke dirinya,” tambah Adi.

Penolakan terhadap RK ini menjadi sorotan dalam dinamika politik menjelang Pilgub Jakarta, di mana suhu politik semakin memanas di antara berbagai kubu.rmol news logo article
EDITOR: ADE MULYANA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA