Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Malas Tinggal di Rusun Gegara Minim Transportasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 05 September 2024, 09:19 WIB
Warga Malas Tinggal di Rusun Gegara Minim Transportasi
Rumah susun (Rusun) di Jakarta/Ist
rmol news logo Kelengkapan fasilitas sarana dan prasarana di rumah susun (Rusun) menjadi salah satu daya tarik masyarakat. Sehingga hunian vertikal itu bisa digadang-gadang sebagai solusi dalam penataan kawasan kumuh.

Anggota DPRD DKI Jakarta Ghozi Zulazmi mendorong Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP)untuk meningkatkan serta melengkapi sarana dan prasarana di seluruh Rusun milik Pemprov DKI.

“Penataan kawasan pemukiman kumuh Jakarta masa depan digadang-gadang sebagai vertical housing atau Rusun karena lahan terbatas, tanah mahal, maka itu (Rusun) jadi salah satu solusi,” kata Ghozi dikutip Kamis (5/9).

Satu di antara sarana prasarana yang harus dimiliki Rusun yakni akses transportasi. Dengan demikian, mobilitas penghuni Rusun bisa berjalan dengan normal.

Selama ini, sambung dia, minimnya akses transportasi membuat masyarakat enggan menghuni Rusun. Kebutuhan transportasi sangat penting menunjang aktivitas sekolah maupun ke tempat kerja.

“Masalahnya dia tinggal di Jakarta Utara tapi Rusunnya di Jakarta Timur. Sementara akses pekerjaannya menjadi halangan, maka yang paling penting Rusun menyediakan transportasi yang gratis, ataupun murah dan mudah,” kata politikus PKS ini.

Ghozi juga berharap Rusun dilengkapi dengan lahan berjualan atau fasilitas menunjang perekonomian dan kreativitas.

“Pembangunan sarana UMKM di lantai dasar juga akan menjadi masukan, agar warga Rusun bisa mandiri,” tutup Ghozi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA