Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepulauan Seribu Butuh RSUD Tipe C

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 01 Agustus 2024, 00:32 WIB
Kepulauan Seribu Butuh RSUD Tipe C
Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono/Ist
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta diusulkan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe C di Kepulauan Seribu.

Pembangunan bertujuan agar warga pesisir juga bisa mendapatkan fasilitas layanan kesehatan seperti di lima wilayah administrasi lainnya.

RSUD tipe C merupakan rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran subspesialis terbatas.

Seperti pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak, serta pelayanan kebidanan dan kandungan.

“Harus ada standarisasi pelayanan yang maksimal buat warga Jakarta,” kata Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono dikutip dari laman DPRD DKI Jakarta, Kamis (1/8).

“Masa Pulau Seribu yang merupakan bagian dari wilayah DKI Jakarta masih belum mempunyai rumah sakit tipe C,” sambungnya.

Dengan kehadiran RSUD tipe C di Kepulauan Seribu, warga tidak perlu lagi bersusah payah menyeberang ke Jakarta Utara untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih lengkap.

Oleh karena itu, politikus Demokrat ini mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu segera menyiapkan perencanaan yang matang serta lahan untuk RSUD tipe C, sesuai syarat yang berlaku.

“Banyak standarnya untuk mendapatkan great RSUD tipe C. Selain luasan, termasuk fasilitas pelayanan kesehatan harus jauh lebih bagus dan memadai,” kata Mujiyono.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi mengaku sudah mengusulkan kepada Dinas Kesehatan untuk meningkatkan status RSUD tipe D ke tipe C.

“Kami sudah usulkan baik dalam Musrembang, maupun langsung ke kepala Dinas Kesehatan, atau direktur rumah sakit agar di Pulau perlu dibangun rumah sakit tipe C agar lebih representatif,” kata Junaedi.

Bahkan ia mengaku telah menyediakan lahan di Pulau Karya untuk dibangun RSUD tipe C.

Termasuk pengukuran luas lahan secara terperinci sudah dilakukan untuk memenuhi standar pelayan kesehatan bagi masyarakat Kepulauan Seribu.

“Kami siapkan lahan di Pulau Karya, waktu itu sudah kami ukur dengan direktur rumah sakit tetapi sampai saat ini belum ada kelanjutannya,” kata Junaedi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA