Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Darurat Kekeringan, 14 Mobil Tanki Distribusikan Air Bersih ke Lhoknga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Rabu, 10 Juli 2024, 21:47 WIB
Darurat Kekeringan, 14 Mobil Tanki Distribusikan Air Bersih ke Lhoknga
BPBD Aceh Besar menyalurkan air bersih, di Gampong Lamcok Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar/Ist
rmol news logo Operasi pendistribusian air bersih di wilayah terdampak kekeringan di Kecamatan Lhoknga terus berlanjut. Dua hari setelah ditetapkannya Siaga Darurat Kekeringan, upaya penyaluran air kian diintensifkan.

"Hari ini, kami mengerahkan 14 unit armada untuk mendistribusikan air bersih ke 20 gampong," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 10 Juli 2024.

Upaya ini merupakan tindak lanjut pasca ditetapkannya Siaga Darurat Kekeringan di kawasan Lhoknga. BPBD Aceh Besar mengerahkan 10 mobil tangki air, dibantu 3 mobil tangki dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Aceh, dan 1 unit mobil tangki dari PDAM Tirta Mountala Aceh Besar.

"Sesuai arahan Bapak Pj Bupati Aceh Besar, hari ini BPBD dan PDAM melakukan penyaluran air untuk 20 gampong di Kecamatan Lhoknga yang mengalami krisis air bersih," jelas Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan menjelaskan bahwa sejak kemarin, BPBD Aceh Besar telah mendistribusikan 124.000 liter atau setara 124 ton air bersih.

"Kami berkomitmen untuk hadir dan membantu masyarakat dalam mengatasi kekurangan air bersih yang melanda wilayah Lhoknga ini," tegasnya.

Kegiatan ini didanai dari anggaran tak terduga yang disediakan oleh pemerintah daerah.

"Pemerintah Kabupaten Aceh Besar juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan kebutuhan air bersih masyarakat tercukupi hingga krisis air bersih ini mereda dan teratasi," papar Ridwan.

Sementara itu, PPK Tanggap Darurat Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, Ismadi, menjelaskan bahwa pihaknya mengerahkan 8 mobil tangki dengan kapasitas masing-masing 4.000 liter, sehingga totalnya mencapai 32.000 liter.

"Jumlah ini bisa terus bertambah tergantung kebutuhan di lapangan," kata Ismadi.

Selain itu, mereka juga telah menyediakan Hidran Umum (HU) di 14 gampong di kecamatan Lhoknga sebagai wadah distribusi air bersih hingga krisis ini mereda.rmol news logo article

EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA