Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkurban Ajarkan Umat Perhatikan Nasib Orang Kecil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 18 Juni 2024, 13:00 WIB
Berkurban Ajarkan Umat Perhatikan Nasib Orang Kecil
Ketua FKDM DKI Jakarta Tobaristani saat menjadi khatib sekaligus imam salat Iduladha 1445 H di Panti Sosial Bina Daksa Budi Bhakti (PSBD BB 2)/Ist
rmol news logo Berkurban pada Hari Raya Iduladha yang diperingati tiap tanggal 10 Dzulhijjah mengajarkan agar manusia senantiasa memperhatikan nasib orang kecil. Bagi yang mampu harus mengasihi orang yang lebih lemah.

Demikian disampaikan Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta Tobaristani saat menjadi khatib sekaligus imam salat Iduladha 1445 H di Panti Sosial Bina Daksa Budi Bhakti (PSBD BB 2) Dinas Sosial Provinsi Daerah Khusus Jakarta di Jalan Cendrawasih VI, kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (17/6).

Salat Id di PSBD BB 2 Dinas Sosial DKI tersebut dihadiri ratusan warga serta penghuni panti dan Plt Kepala PSBD BB 2 Rosihan Arsyad.

"Hewan kurban yang disembelih kemudian dibagikan kepada kaum duafa mengajarkan agar orang-orang yang diberi keluasan rezeki oleh Allah tidak lupa diri," kata Tobaristani.

Selain itu, melalui pelaksanaan salat dan berkurban, umat Islam dapat menunjukkan ketaatan dan rasa syukur mereka kepada Sang Pencipta.

Mereka memperkuat hubungan spiritual dengan Allah, menyadari bahwa kehidupan ini hanyalah sementara dan yang terpenting adalah memperjuangkan kehidupan yang abadi di akhirat.

"Perayaan ini juga mengajarkan tentang pengorbanan dan keikhlasan. Seperti yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim, ketika dia dengan tulus siap mengorbankan putranya untuk menaati perintah Allah," kata Tobaristani.

Dari kisah ini, kata Tobaristani, umat Islam belajar untuk mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi.

"Keikhlasan dalam pengorbanan akan membawa keberkahan dan kebahagiaan dalam hidup kita," kata Tobaristani.

Selain itu, perayaan Iduladha juga mengajarkan umat untuk saling berbagi dengan sesama.

"Dalam berbagi, kita merasakan kebahagiaan yang tak tergantikan dan memperkuat ikatan sosial di dalam masyarakat," demikian Tobaristani.

Dalam kesempatan tersebut, PSBD BB 2 Dinas Sosial DKI juga melaksanakan pemotongan hewan kurban sebanyak dua ekor sapi dan delapan ekor kambing. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA