Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga LDII Wonogiri Gelontorkan Rp11 Miliar untuk Kurban

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 17 Juni 2024, 16:31 WIB
Warga LDII Wonogiri Gelontorkan Rp11 Miliar untuk Kurban
Keluarga besar LDII Wonogiri sedang mengemas daging hewan kurban untuk didistribusikan ke masyarakat umum/Dok LDII Wonogiri
rmol news logo Keikhlasan warga Lembaga Dakwah Islam (LDII) Wonogiri untuk berkurban sangat luar biasa. Bagaimana tidak, uang yang mereka keluarkan untuk membeli hewan kurban mencapai Rp11,29 miliar.

Angka tersebut berasal 510 ekor sapi dan 660 ekor kambing, dengan rata-rata harga sapi Rp23 juta dan harga kambing Rp2,5 juta.

Ketua DPD LDII Kabupaten Wonogiri, Sutoyo mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan, jumlah tersebut naik dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun 2023, warga LDII Wonogiri menyembelih 464 ekor sapi dan 676 ekor kambing,” ucap Sutoyo, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Senin (17/6).

Sutoyo pun mengungkapkan latar belakang semangat luar biasa warga LDII untuk berkurban.

 “Pertama, warga LDII termotivasi dengan nilai ibadah dari kurban. Setiap pengajian, para ulama dan juru dakwah mengingatkan sejarah, pahala, dan manfaat berkurban,” tutur Sutoyo didampingi sejumlah pengurus LDII Wonogiri.

Dari sisi sejarah, Sutoyo menambahkan, kurban memiliki hikmah nilai keikhlasan, ketaatan, dan tawakal yang tinggi dari Nabi Ibrahim AS ketika diperintah menyembelih putranya, Nabi Ismail AS.

“Dari sisi pahala, seluruh bulu pada hewan kurban, baik bulu halus dan kasar, dihitung satu pahala,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, kurban bisa dilaksanakan siapa saja, tidak hanya orang kaya. Mereka yang tidak mampu tetap bisa melaksanakan kurban. Maka, kuncinya adalah ketakwaan kepada Allah. Dari rasa takwa tersebut, seseorang bisa menggerakkan diri untuk beribadah, termasuk berkurban.

Ia pun merujuk beberapa praktik kurban pada masa Rasulullah, seperti satu orang dengan satu hewan kurban.

“Andaikan tidak mampu, satu hewan kurban untuk tujuh orang. Adapula satu hewan kurban untuk satu keluarga. Bahkan Rasulullah mengurbankan dua ekor kambing. Satu kambing untuk keluarganya dan satu kambing dikurbankan untuk umat Islam yang tidak sempat berkurban,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA