Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bamus Betawi Ramaikan Semarak Budaya Indonesia 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Senin, 13 Mei 2024, 11:52 WIB
Bamus Betawi Ramaikan Semarak Budaya Indonesia 2024
Bamus Betawi meramaikan Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2024 yang kembali digelar di Balaikota Surakarta, Jawa Tengah/Ist
rmol news logo Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2024 yang kembali digelar di Balaikota Surakarta, Jawa Tengah pada 10-11 Mei 2024, turut diramaikan kesenian khas Betawi yang dibawa Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) pimpinan Muhammad Rifki alias Eki Pitung.

Penampilan sejumlah seniman Betawi di atas panggung Balaikota Surakarta memukau ribuan pengunjung yang menyaksikan.

Eki Pitung mengatakan, Bamus Betawi menampilkan sejumlah kesenian Betawi, seperti tari-tarian, silat Betawi, lenong Betawi, dan fashion show batik Betawi.

"Animo penonton yang menyaksikan kami apresiasi," kata Eki dalam keterangannya, Senin (13/5).

Eki berharap ke depan sinergi akan terus terjalin dalam mewarnai budaya Nusantara sebagai media perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, Eki menyerahkan cinderamata berupa sebilah golok dihiasi logo Bamus Betawi dan rantai emas putih kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa.

Gibran juga memberikan cinderamata kepada Bamus Betawi berupa keris berukir cantik.

"Silaturahmi dalam bentuk pelestarian budaya dan kesenian masing-masing daerah ini harus terus terjaga dan dipertahankan," kata Eki.

SBI 2024 sukses digelar di Surakarta dengan ribuan penonton yang memadati pelataran Balaikota. Mereka tidak hanya disuguhkan dengan tarian nusantara yang memukau, tetapi juga fashion show dan seni pencak silat yang memukau.

Penutupan festival SBI 2024 diakhiri dengan penampilan dari Sanggar Darma Giri Budaya yang menampilkan tarian “Kethek Ogleng Pragosa Wana Krida” dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada para peserta.

Rangkaian acara berakhir dengan ditabuhnya kendang oleh  Teguh Prakosa sebagai tanda ditutupnya rangkaian Semarak Budaya Indonesia 2024 di Kota Surakarta. rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA