Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ribuan Buruh di Kudus Akan Rayakan May Day Tanpa Unjuk Rasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 27 April 2024, 03:32 WIB
Ribuan Buruh di Kudus Akan Rayakan May Day Tanpa Unjuk Rasa
Ketua DPC KSPSI Kudus, Andreas Hua saat membeberkan rencana kegiatan perayaan Hari Buruh di Kudus/RMOLJateng
rmol news logo Peringatan May Day atau Hari Buruh 2024 di Kabupaten Kudus dipastikan akan meriah. Selain bakal diikuti ribuan anggotanya, aksi perayaan juga bakal diwarnai sejumlah kegiatan. Mulai dari olahraga dan ragam hiburan lainnya.

“Mereka (para buruh) setiap hari sudah bekerja. Karena itu saat May Day, mereka diberikan hiburan dengan agenda jalan santai berhadiah serta dihibur konser musik,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC KSPSI) Kudus, Andreas Hua, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (26/4).

Hari Buruh yang biasanya diperingati dengan aksi turun ke jalan menyuarakan tuntutan, kata Andreas, sudah tidak sesuai dilakukan di tingkat daerah.

“Kalau May Day diperingati dengan aksi unjuk rasa sudah biasa itu dilakukan di Jakarta. Kami pakai konsep lokal. Jadi kita kita lebih ke arah mau melihat kebutuhan pekerja itu apa,” terangnya.

Menurut Andreas, justru dengan memberikan hiburan semacam ini, lebih memberikan dampak positif terhadap kondisi para buruh di Kudus.

Andreas menambahkan, peringatan Hari Buruh di Kota Kretek akan dimeriahkan jalan sehat. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 5 ribu buruh di Kudus, yang akan dipusatkan di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.

“Kami telah menyiapkan lebih dari 5.000 kupon doorprize untuk menyemarakkan Jalan Sehat perayaan May Day. Pembagian kupon doorprize didistribusikan melalui pimpinan unit kerja (PUK) di seratusan perusahaan yang ada di Kudus.

Andreas mengaku menggandeng semua perusahaan yang tergabung dalam KSPSI Kudus. Para peserta jalan sehat tersebut didominasi para buruh di sektor rokok.

Sedangkan rute jalan sehat, yakni start di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus menuju Jalan Jenderal Sudirman, kemudian berbelok ke Jalan Tanjung hingga Jalan Pemuda dan kembali ke Alun-alun. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA