Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Semua Pulau Berpenghuni di Kepulauan Seribu Ada TPU

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 18 April 2024, 03:08 WIB
Tak Semua Pulau Berpenghuni di Kepulauan Seribu Ada TPU
TPU Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu/Net
rmol news logo Pemprov DKI Jakarta didorong membuat Tempat Pemakaman Umum (TPU) di seluruh pulau berpenghuni di Kabupaten Kepulauan Seribu.

Penegasan tersebut disampaikan Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Neneng Hasanah usai menerima keluhan warga Kepulauan Seribu yang mengaku kesulitan mencari makam saat keluarga ataupun kerabatnya meninggal dunia.

Akibatnya tak jarang sejumlah warga Kepulauan Seribu harus menyeberangkan jenazah ke Jakarta untuk dimakamkan.

“Tidak semua pulau di Kepulauan Seribu punya pemakaman, karena tidak ada Suku Dinas (Pertamanan dan Hutan Kota), adanya UKT (unit kerja teknis -red) dua,” kata Neneng dikutip Kamis (18/4).

Neneng berharap, usai pencabutan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 1992 tentang Penataan dan Pengelolaan Kepulauan Seribu Kotamadya Jakarta Utara pada Rabu lalu (20/3), membuat Pemprov DKI bisa lebih mudah membangun TPU di seluruh pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu.

Keberadaan TPU di Pulau Harapan, Pulau Lancang, Pulau Karya, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, dan Pulau Kelapa, menurut Neneng, belum mencukupi dan sulit dijangkau oleh warga dari pulau yang belum memiliki TPU. Sebab mereka kesulitan transportasi serta keterbatasan kapal jenazah.

Dari info yang dihimpun, beberapa pulau yang hingga kini belum memiliki TPU di antaranya yakni Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Payung, dan Pulau Ayer.

“InsyaAllah dengan pencabutan Perda itu, Bupati dan jajarannya bisa mendapt perizinan lebih gampang untuk mengembangkan Pulau Seribu, salah satunya punya pemakaman sendiri,” kata Neneng.

Tak hanya itu, Neneng pun meminta Pemprov DKI memperluas lahan TPU di Pulau Tidung yang kondisinya sudah sangat padat. Selain itu, perlu memperbanyak kapal ambulans dan kapal jenazah.

“Di Tidung ada, cuma perlu diperluas lagi, sebenarnya kita sudah punya kapal jenazah, tapi diperbanyak boleh lah,” pungkas politikus Demokrat ini. rmol news logo article



 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA