Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

15 Atap Rumah Warga Jember Diterjang Puting Beliung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 11 April 2024, 10:44 WIB
15 Atap Rumah Warga Jember Diterjang Puting Beliung
Kepala BPBD Jember, Widodo Julianto/RMOLJatim
rmol news logo Sedikitnya 15 rumah warga Dusun Jubung Lor, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, porak poranda diterjang puting beliung, selepas Salat Id, siang kemarin.

Dikutip dari Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (11/4), belasan atap asbes rumah dan dapur di desa itu beterbangan, terjadi 2 kali dalam waktu 30 menit. Selain itu, atap genteng rumah warga juga melorot dan jatuh ke tanah.
 
"Daerah terdampak di dua titik, Dusun Jubung RT 04 dan RT 05 RW 07, Kecamatan Sukorambi," kata Kepala BPBD Kabupaten Jember, Widodo Julianto.

Menurutnya, angin puting beliung terjadi tiba-tiba, datang dari arah timur. Cuaca sekitar desa dan sekitarnya mendung, namun tidak hujan.

Beberapa menit kemudian, angin agak mereda. Namun sekitar pukul 13.37 WIB, puting beliung susulan kembali menyambar, kali ini dari arah barat.

"Angin susulan inilah yang mengakibatkan 15 atap rumah warga rusak," katanya.

Selain itu, kerusakan juga menimpa kandang ternak sapi milik Zainal Abidin, hingga rusak berat. Bahkan 5 ekor sapi tertimpa material bangunan, namun berhasil diselamatkan.

Menyusul kejadian itu, lanjut Widodo, BPBD Jember langsung bergerak dan berkoordinasi dengan relawan dan Forkopimcam Sukorambi. Petugas tiba di lokasi sekitar pukul 15.30 WIB.

"Rumah warga terdampak saat ini dalam proses perbaikan," katanya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA