Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri PUPR Bakal Pindah ke IKN pada Juli 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 10 April 2024, 16:40 WIB
Menteri PUPR Bakal Pindah ke IKN pada Juli 2024
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono/Net
rmol news logo Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, berencana pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024 mendatang.

"Mudah-mudahan Juli nanti, kalau air bisa masuk Juni. Saya dengan istri saya (ke IKN)," ujar Basuki di Jakarta, Rabu (10/4),

Menurut Basuki, kepindahannya ke ibu kota baru itu bergantung saat air minum sudah terdistribusi.

Saat ini, Kementerian PUPR melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN sendiri tengah membangun dua instalasi pengolahan air minum (IPA) untuk memasok air minum ke IKN.

Adapun IPA pertama berkapasitas 350 liter per detik dari Sungai Sepaku dengan pendanaan dari APBN, sedangkan IPA kedua dipasang di Bendungan Sepaku Semoi dengan kapasitas 300-350 liter/detik dengan pendanaan dari hibah yang diberikan oleh Korea Selatan.

Kementerian PUPR menargetkan pembangunan IPA dari intake Sungai Sepaku dapat diselesaikan terlebih dahulu, dengan peninjauan yang dilakukannya sebelum kedatangan Presiden Joko Widodo.

"Saya mau duluan sebelum Presiden, mudah-mudahan sebelum beliau, saya mau lihat dulu. Progresnya kan Juli harus jadi, jadi jadwal saya sendiri," katanya.

Presiden Jokowi sebelumnya menyatakan rencananya untuk berkantor di IKN setelah bandara dan jalan tol dapat beroperasi, yang diperkirakan juga akan dilakukan mulai Juli 2024. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA