Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kanwil Kemenag Aceh Siapkan 6 Lokasi Pemantauan Hilal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 09 April 2024, 17:16 WIB
Kanwil Kemenag Aceh Siapkan 6 Lokasi Pemantauan Hilal
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh menyiapkan enam lokasi untuk pemantauan hilal dimulainya 1 Syawal 1445 Hijriah. Lokasi tersebut nantinya tersebar di sejumlah daerah di Aceh.

"Rukyatul hilal dilaksanakan pada hari ini atau bertepatan 29 Ramadan 1445 Hijriah" kata Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra dilansir Kantor Berita Politik RMOLAceh, Selasa (9/4).

Enam lokasi pemantauan tersebut yaitu Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang di Lhoknga, Tugu 0 KM Kota Sabang dan Bukit Blang Tiron Perta Arun Gas Lhokseumawe. Kemudian, Pantai Lhok Geulumpang Setia bakti Aceh Jaya, POB Suak Geudubang Aceh Barat dan Pantai Nancala Teupah Barat Simeulue.

"Serta beberapa lokasi rukyat masyarakat secara mandiri lainnya," ujarnya.

Alfirdaus menyebutkan, pemantauan akan dilakukan setelah salat ashar dan bakal ditetapkan setelah sidang istbat berdasarkan laporan hasil rukyat seluruh Indonesia oleh Menteri Agama pada tanggal 09 April 2024 pukul 19.00 WIB melalui siaran televisi nasional.

Berdasarkan data hisab, kata Alfirdaus, hilal sore hari di 29 Ramadan 1445 HIjiriah sudah di atas ufuk dengan data di markaz Lhoknga, pada posisi 7,60 derjat di atas ufuk dan elongasi 9,31 derjat.

"Dengan posisi hilal yang sudah di atas kriteria visibilitas hilal MABIMS. Maka ada kemungkinan hilal dapat di rukyat dan apabila hilal dapat dirukyat 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu, 10 April 2024," sebutnya.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA