Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Imbas Longsor dan Banjir, Ratusan Warga Kota Bitung Bakal Lebaran di Pengungsian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 09 April 2024, 15:53 WIB
Imbas Longsor dan Banjir, Ratusan Warga Kota Bitung Bakal Lebaran di Pengungsian
Kondisi banjir yang merendam permukiman warga di Kota Bitung, Sulawesi Utara pada Minggu (8/4)/BPBD Kota Bitung.
rmol news logo Ratusan warga Kota Bitung, Sulawesi Utara, bakal merayakan lebaran Idul Fitri tahun ini di pengungsian. Sebab, rumah-runmah mereka masih terdampak bencana alam yang terjadi pada Minggu lalu (7/4).

Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 1.496 unit rumah terendam setinggi 50 sampai 100 centimeter.

Namun, sebanyak 20 unit rumah alami rusak berat dan 11 unit rumah alami rusak sedang. Sementara, tujuh akses jalan tertimbun longsor dan material pohon tumbang.

"Banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kota Bitung akibatkan 43 kepala keluarga atau 162 warga memilih mengungsi," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melalui keterangan tertulis, Selasa (9/4).

Dia mengatakan, warga yang mengungsi tersebar di beberapa titik kumpul Kota Bitung, yang bebas dari lokasi banjir ataupun longsor.

"Berada di Gereja Lembah Yarden Mawali, Pasar Trasdisional Pintu Kota, Gereja Gemin Peitel Pintu Kota, SDN Pintu Kota, Pondok Informasi Kelurahan Binuang, Balai Kecamatan Manembo Nembo dan ke rumah kerabat yang lebih aman," katanya.

Abdul Muhari memastikan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung sejak kemarin masih berada di lokasi untuk melakukan monitoring, mendirikan tenda posko dan pos lapangan serta melakukan pembersihan sisa material longsor.

"Sejumlah unsur lain turut bahu membahu dengan memberikan bantuan berupa pangan dan non pangan bagi warga terdampak," demikian Abdul Muhari menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA