Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arus Mudik Diprediksi Mulai Banjiri Jabar 5 April

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 04 April 2024, 10:21 WIB
Arus Mudik Diprediksi Mulai Banjiri Jabar 5 April
Gerbang Tol (GT) Cileunyi, di ruas tol Padalarang-Cileunyi, Jawa Barat/Net
rmol news logo Komisi IV DPRD Jawa Barat memantau kesiapan sarana dan prasarana untuk menunjang perjalanan masyarakat menuju ke kampung halamannya masing-masing sepekan menjelang Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

Wakil Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari melihat belum ada peningkatan arus mudik di dua lokasi yang dikunjungi yakni Padalarang dan lingkar Kadungora (Garut).

“Untuk hari ini belum peningkatan arus lalu lintas, masih ramai seperti hari biasanya. Kami perkirakan keramaian akan terjadi pada Jumat (5/4) nanti,” kata Ineu di Kota Bandung, Rabu (3/4).

Namun begitu, untuk kesiapan personel dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, kepolisian serta instansi terkait lain, Ineu menilai sudah sangat siap menghadapi puncak arus mudik beberapa hari mendatang.

“Tadi kami melihat para personel sudah sangat siap untuk berjaga di pos-pos pengamanan yang ada di jalur-jalur mudik seperti Padalarang,” kata Ineu.

Ineu pun mengingatkan kepada Dishub Jabar untuk memastikan kesiapan sarana penunjang seperti penerangan jalan umum (PJU), baik yang berada di jalan utama maupun alternatif. Hal ini mengingat masih terdapat sejumlah ruas jalan yang PJU-nya tidak berfungsi.

“Di beberapa daerah PJU-nya ada cuma lampunya mati, ini harus jadi perhatian, karena banyak masyarakat yang memilih mudik sesudah sahur atau malam hari untuk menghindari kepadatan,” kata Ineu.

Legislator PDIP ini menitipkan pesan kepada para pemudik untuk selalu berhati-hati di jalan. Ineu meminta kepada pemudik yang berkendara untuk memperhatikan kesehatan juga kondisi kendaraannya masing-masing.

“Bila memang sudah merasa lelah, istirahat di rest area, jangan memaksakan diri. Keselamatan adalah yang utama dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman adalah suatu kebahagiaan,” demikian Ineu dikutip dari Kantor Berita RMOLJabar.rmol news logo article






Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA