Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada Banjir, Mudik Lebaran Dibayangi Hujan Intensitas Sedang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 02 April 2024, 14:30 WIB
Waspada Banjir, Mudik Lebaran Dibayangi Hujan Intensitas Sedang
Suasana Raker Komisi V DPR bareng Menhub, MenPUPR, BMKG dan BNPP/RMOL
rmol news logo Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas sedang akan terjadi di sejumlah wilayah sebelum Hari Raya Idulfitri 2024. Tepatnya pada masa arus mudik Lebaran, 3-9 April 2024.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam Rapat Kerja (raker) bersama Komisi V DPR RI membahas Persiapan Mudik 2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4).

"Mulai tanggal 3 hingga 9 April yaitu sepekan sebelum lebaran, yang perlu diwaspadai adanya hujan dengan intensitas sedang," kata Dwikorita.

Adapun hujan dengan intensitas sedang akan terjadi di Jawa Barat, Sumatra Barat, Bengkulu, dan Kalimantan Barat. Kemudian, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Berkenaan dengan itu, Dwikorita mengingatkan, hujan dengan intensitas tersebut dapat menyebabkan terjadi genangan. Khususnya di Kalimantan Barat.

"Hujan intensitas sedang itu pun dapat menimbulkan permasalahan banjir ataupun genangan. Karena memang kondisi alamnya atau di situ juga ada pertemuan sungai yang mengakibatkan lebih sensitif alami banjir meskipun tidak hujan lebat," ujar Dwikorita.

Hujan juga akan terjadi di setelah Lebaran 2024. Mayoritas terjadi di wilayah timur Indonesia.

"Kalimantan Barat, Papua bagian Barat itu saat Lebaran tanggal 10 sampai 16 April itu sekitar menjelang Lebaran," kata Dwikorita.

"Kemudian sepekan setelah lebaran 17 hingga 23 April, sekali lagi Kalimantan Barat ini intensitas sedang. Kemudian Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat," demikian Dwikorita.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA