Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Arus Mudik Lebaran, BPKH Gandeng DMI Revitalisasi Masjid dan Mushala di Terminal Pulau Jawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 02 April 2024, 11:08 WIB
Jelang Arus Mudik Lebaran, BPKH Gandeng DMI Revitalisasi Masjid dan Mushala di Terminal Pulau Jawa
Kegiatan serah terima Program Kemashlahatan yang berlangsung di Gedung DMI, Jakarta, Senin, 1 April 2024/Ist
rmol news logo Menjelang arus mudik Lebaran 2024, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) melakukan revitalisasi terhadap 20 masjid dan mushola yang berada di terminal di empat wilayah Provinsi Pulau Jawa.

Melalui Program Kemaslahatan, BPKH telah melakukan kegiatan revitalisasi tersebut dengan mendistribusikan anggaran sebesar Rp1,7 miliar.

Adapun kegiatan serah terima program itu berlangsung di Gedung DMI, Jakarta, pada Senin (1/4) yang dihadiri oleh Deputi transformasi dan Teknologi Informasi Emir Rio Krishna mewakili Kepala BPKH Fadlul Imansyah, Ketua Umum DMI sekaligus mantan Wakil Presiden Indonesia Drs. H.M. Jusuf Kalla.

Selain itu, hadir pula Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Amirullah, serta Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin.

Dalam kesempatan tersebut Fadlul menegaskan bahwa BPKH bersama DMI ingin membantu para jemaah yang mudik untuk tetap dengan aman dan nyaman melaksanakan ibadah shalat.

‚ÄúSebagai bentuk pelaksanaan kegiatan kemaslahatan dalam asnaf peningkatan sarana dan prasarana ibadah. Revitalisasi telah rampung dilaksanakan, sehingga pemudik dapat langsung memanfaatkannya  dalam perjalanan menuju kampung halaman," kata Fadlul dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Emir Rio Krishna.

Ia pun menjelaskan bahwa bantuan tersebut bersumber dari nilai manfaat hasil pengembangan Dana Abadi Umat (DAU) yang digunakan sepenuhnya untuk kemaslahatan umat, yang nilai pokoknya tetap ada dan terus bertambah.

"Dengan demikian, tidak ada dana setoran awal yang digunakan untuk kegiatan kemaslahatan. Semoga kehadiran program kemaslahatan ini dapat menjadi manfaat untuk memberikan kemudahan bagi umat," jelasnya.

Menanggapi kolaborasi tersebut, Jusuf Kalla mengapresiasi langkah BPKH yang kembali membantu dan berkomitmen dalam menyalurkan kemaslahatan serta merevitalisasi masjid dan mushalla, yang disebut bermanfaat bagi para pemudik.

"Sebagaimana kita ketahui, terminal adalah tempat para musafir menunaikan ibadah wajibnya lewat jamak maupun qasar, apalagi jelang musim mudik ini. Nantinya (dengan revitalisasi) orang dapat nyaman pulang mudik dan beribadah dengan baik di mushalla ataupun masjid itu," tutur Jusuf Kalla.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Amirullah mengatakan bahwa pihaknya ingin mengubah citra terminal dan ingin memberikan pelayanan terbaik.

"Kami yakin mushalla dan masjid yang telah direnovasi ini akan memberikan manfaat besar untuk banyak orang. Kami sangat berterima kasih kepada BPKH dan DMI atas kontribusinya untuk masjid-masjid dan fasilitas masjid ini sehingga nantinya pemudik dapat menggunakannya dengan nyaman," pungkas Amirullah. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA