Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Baznas dan TNI AL, BPKH Gelar Sanlat untuk Pelajar di atas Kapal Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 29 Maret 2024, 11:38 WIB
Gandeng Baznas dan TNI AL, BPKH Gelar Sanlat untuk Pelajar di atas Kapal Perang
BPKH, Baznas, TNI AL saat melakukan foto bersama setelah pembukaan Pesantren Kilat 2024 bertajuk Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi (Ekspresi) di Dermaga Kolinlamil, Jakarta/Ist
rmol news logo Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan TNI Angkatan Laut (AL) menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadan 2024 untuk pelajar di atas kapal perang milik TNI AL, KRI Semarang-594.

Acara yang bertajuk Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi (Ekspresi) itu berlangsung di Dermaga Kolinlamil, Jakarta pada 28-30 Maret 2024 yang diikuti oleh sekitar 500 pelajar SMA sederajat.

Upacara pembukaan Ekspresi Ramadan 1445 H dipimpin oleh Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai inspektur upacara, dan juga dihadiri oleh Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, dan Ketua BAZNAS RI, KH. Noor Achmad.

Dalam sambutannya, Fadlul menyebarkan kampanye “Ayo Haji Muda” dengan menekankan pentingnya persiapan generasi muda dalam menghadapi kehidupan dengan kuat, termasuk menabung haji sejak dini.

"Kegiatan Ekspresi kerja sama antara BPKH,BAZNAS dan TNI AL ini membangun kesadaran pelajar untuk menyegerakan daftar haji sejak muda, sebab masa tunggu pemberangkatan haji, yaitu 20 hingga 30 tahun, jadi dibutuhkan fisik kuat saat berangkat haji" kata Fadlul, dikutip Jumat (29/3).

"Jika dipersiapkan sejak muda maka fisik masih kuat ketika berangkat haji," tambahnya.
Fadlul juga berharap kegiatan Ekspresi tahun ini akan semakin memotivasi peserta untuk menjadi calon haji muda serta meningkatkan semangat religiositas mereka. 
"Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya anak-anak bangsa yang turut serta untuk registrasi dan menjadi calon haji di usia muda, dapat meningkatkan mentalitas dan jiwa kebangsaan, serta keislaman dan ketaatan pada bangsa, negara, dan agama," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Baznas menyampaikan apresiasinya kepada TNI AL dan BPKH atas dukungan terhadap program Ekspresi BAZNAS tahun 2024.

Ia berharap acara yang kembali digelar pada tahun ini dapat membuat pelajar semakin mengenal pentingnya zakat, sehingga di masa depan dapat menjadi muzaki muzaki baru yang menyejahterakan umat.

Laksamana TNI Muhammad Ali menambahkan bahwa program Ekspresi Ramadan ini merupakan program terobosan kedua kalinya yang diinisiasi BPKH, BAZNAS bersama TNI AL di bulan suci Ramadan untuk mengenalkan pentingnya ilmu agama kepada generasi muda.

“Program ini sudah dilakukan tahun lalu yang kemudian kembali dilanjutkan tahun ini. Program ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak muda tentang pentingnya ilmu agama,” ungkapnya.

Selain melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, Laksamana TNI Muhammad Ali juga mengatakan bahwa peserta akan dikenalkan dengan kehidupan di atas kapal perang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA