Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bagikan 1.000 Bingkisan Lebaran, BPKH Ajak Santri Darunnajah Nabung Haji Sejak Dini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 28 Maret 2024, 04:59 WIB
rmol news logo Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berkolaborasi dengan Mitra Kemaslahatan Rumah Zakat, menggelar acara "Berbagi Berkah Ramadan untuk Negeri" dengan membagikan 1.000 paket bingkisan lebaran senilai Rp250 juta kepada santri di Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta pada Rabu (27/3).

Kegiatan sosial keagamaan tersebut merupakan rangkaian program “Berkah Ramadan BPKH” yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Amri Yusuf dalam sambutannya mewakili Kepala BPKH menyatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap sosial keagamaan yang merupakan salah satu ruang lingkup Program Kemaslahatan BPKH.

“Kegiatan Berkah Ramadan BPKH 1445 Hijriyah, Berbagi Berkah Ramadan untuk Negeri di Pondok Pesantren Darunnajah merupakan wujud nyata syiar agama Islam dalam mendukung dakwah serta membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Amri.

Selain menjadi ajang silaturahmi dan berbagi berkah Ramadan, kegiatan yang dihadiri ribuan santri serta pejabat daerah, dan tokoh agama ini juga dimanfaatkan BPKH untuk memberikan edukasi kepada santri mengenai pentingnya haji sejak dini.

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Sulistyowati mengungkapkan jumlah jemaah yang menunggu untuk berangkat haji saat ini berjumlah 5,3 juta orang. Daftar tunggu rata-rata nasional 26 sampai 40 tahun dan khusus di DKI Jakarta sekitar 27 tahun.

"Kegiatan yang dilakukan BPKH dengan mengadakan program Berkah Ramadan adalah juga bagian untuk membangun kesadaran dan mengajak santri mengerti pentingnya mendaftar haji sejak muda,” paparnya.

Ajakan menabung haji sejak muda juga disuarakan konten kreator Fiki Naki yang hadir dan mengajak ribuan santri Darunnajah segera menabung untuk ibadah haji.

Acara juga dihadiri oleh Anggota Dewan Pengawas BPKH M. Dawud Arif Khan, Kepala BPKH Fadlul Imansyah, Anggota Badan Pelaksana BPKH M. Arief Mufraini, CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha, Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah KH. Sofwan Manaf, Wakil Ketua Islamic Dakwah Fund MUI Nur Rohman, Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesantren PP Muhammadiyah Din Wahid, serta Camat Pesanggrahan Agus Ramdani.

BPKH kembali hadir memberikan manfaat bagi umat melalui program kemaslahatan Berkah Ramadan BPKH 1445 H / 2024 M, bersama 12 mitra kemaslahatan yaitu Baitulmaal Muamalat, BAZNAS, Dewan Masjid Indonesia, Dompet Dhuafa, DT Peduli, LazisMU, LAZ Persis, Lazuq, NU Care LazisNU, PPPA Daarul Qur’an, Rumah Zakat dan Solo peduli.

Total anggaran untuk Program BPKH Berbagi Berkah Ramadan tahun ini sebesar Rp12,6 miliar.

Kegiatan kemaslahatan tersebut menggunakan Nilai Manfaat Dana Abadi Umat, dimana pokoknya tetap dan akan terus bertambah. Sehingga tidak ada dana setoran awal yang digunakan untuk kegiatan Kemaslahatan.  

BPKH terus berkomitmen menyalurkan nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui program kemaslahatan sesuai dengan amanat UU 34 Tahun 2014. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA