Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sempat Terendam Banjir, Perbaikan Jalur Pantura Demak-Kudus Ditargetkan Selesai Pekan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 26 Maret 2024, 14:21 WIB
Sempat Terendam Banjir, Perbaikan Jalur Pantura Demak-Kudus Ditargetkan Selesai Pekan Ini
Jalur Pantura Demak-Kudus yang sempat terendam banjir terus diperbaiki untuk dapat dilalui secara normal pada arus mudik Lebaran 2024/RMOLJateng
rmol news logo Banjir yang melanda wilayah Demak dan Kudus pada Februari dan Maret ini telah membuat jalur Pantura di wilayah tersebut rusak parah. Padahal, jalur tersebut merupakan lintasan utama para pemudik setiap tahunnya.

Agar dapat segera dilalui secara normal, perbaikan pun dikebut oleh DPU Kabupaten setempat di bawah Balai Besar Pelaksanaan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Saat ini, ruas jalan mulai Trengguli hingga batas Kota Demak dan Kudus, masih dalam perbaikan dan dilakukan pembersihan jalan yang dilaksanakan petugas di lapangan.

Seluruh ruas jalan dari arah Kudus dan Semarang bakal diperbaiki. Ditargetkan perbaikan jalan Pantura selesai 31 Maret 2024.

Kepala BBPJN Jateng-DIY, Rien Marlia, memastikan jalan rusak pascabanjir sudah dapat dilalui normal dua minggu jelang Lebaran.

"Kita persiapkan agar jalan rusak pascabanjir yang juga waktunya dekat dengan arus mudik sudah aman dan siap dua minggu sebelum arus mudik Lebaran. Sebab, Pantura itu saat ini di wilayah jalur utara Jawa banyak sekali dipilih para pemudik untuk menuju ke Jawa Timur," kata Rien, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Selasa (26/3).

Dalam mempersiapkan kesiapan infrastruktur mudik Lebaran 2024 itu, BBPJN Jateng-DIY juga akan melakukan survei kondisi jalur tengah dan selatan. Termasuk akses penghubung antarwilayah yang dapat digunakan jalur alternatif. Survei jalur mudik akan melibatkan berbagai instansi terkait di lingkup kabupaten dan kota.

Kendala dalam persiapan yang terbatas jelang mudik Lebaran, Rien menegaskan, tak akan jadi masalah berarti. Karena pihaknya telah mempersiapkan matang seluruh persiapan dan kesiapan teknis untuk perbaikan serta pemeliharaan infrastruktur jalan di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

"Harapannya jalur mudik di Jateng dan DIY terutama jalur Pantura yang dipastikan akan menjadi pilihan para pemudik kita pastikan siap untuk dilalui dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas mudik Lebaran 2024. Kami juga terus berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait di daerah masing-masing, agar bisa terlibat dalam melaksanakan survei dan pemetaan jalur mudik rawan dan perlu perbaikan, ini sudah berjalan," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA