Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meutya Hafid: UMKM Perempuan Tonggak Tangguh dan Kreatif dalam Perekonomian Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Kamis, 07 Maret 2024, 22:54 WIB
Meutya Hafid: UMKM Perempuan Tonggak Tangguh dan Kreatif dalam Perekonomian Indonesia
Meutya Hafid/Net
rmol news logo Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dijalankan oleh perempuan memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Komisi I DPR RI Meuya Hafid dalam seminar bertajuk “UMKM Perempuan Tangguh dan Kreatif” yang digelar oleh Ditjen APTIKA Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Komisi I DPR RI


“UMKM perempuan tidak hanya memberikan kontribusi ekonomi, tetapi juga membentuk dasar yang kokoh untuk mewujudkan perekonomian yang inklusif dan berkelanjutan,” katanya seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOLSumut, Kamis (7/3)

Dalam kegiatan tersebut, Meutya Viada Hafid juga menambahkan bahwa, dukungan penuh terhadap UMKM perempuan merupakan investasi dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“UMKM perempuan memberikan kontribusi nyata dalam mengedepankan kesetaraan gender di bidang ekonomi, membangun jembatan menuju pemberdayaan perempuan secara menyeluruh,” ujarnya.

Sementara itu, Founder Qavia Natural Cosmetics, Popy Ayu Afsari mengtakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tangguh dan berkelanjutan merupakan langkah penting dalam memajukan perempuan secara ekonomi.

“Mendukung UMKM dalam strategi promosi dan pemasaran yang efektif, termasuk penggunaan media sosial dan platform digital untuk meningkatkan visibilitas dan akses pasar juga termasuk sebagai langkah penting yang harus dilakukan oleh UMKM Perempuan,” ungkapnya.

“Karena digital dan media sosial sudah sangat masif dan efektif pada sekarang ini, maka UMKM yang dilakukan melalui digital pasti akan berpengaruh pada tingkat penjualan,” tambahnya.

Hal yang sama disampaikan Mey Umra, selaku Founder Gempita Production. Ia menjelaskan bahwa perempuan memiliki potensi kreativitas yang besar dalam mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Perempuan seringkali membawa inovasi baru dalam pengembangan produk UMKM, baik melalui desain, kualitas, atau penggunaan bahan-bahan lokal yang unik.

“Perempuan dapat menghadirkan pendekatan pemasaran yang kreatif, termasuk strategi branding, penggunaan media sosial, dan penyelenggaraan acara promosi yang menarik. Dengan menggali dan mengaplikasikan kreativitas perempuan, UMKM dapat menjadi lebih inovatif, berdaya saing, dan berkelanjutan dalam memajukan ekonomi lokal dan nasional,” pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA