Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemudik Diproyeksi Naik 70 Persen, Bamsoet: Pemerintah Harus Antisipasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Selasa, 05 Maret 2024, 05:39 WIB
Pemudik Diproyeksi Naik 70 Persen, Bamsoet: Pemerintah Harus Antisipasi
Ilustrasi mudik Lebaran/Net
rmol news logo Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan akan adanya lonjakan yang cukup signifikan pada mudik lebaran tahun 2024, yakni mencapai 70 persen.

Menanggapi hal itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah agar menjadikan prediksi lonjakan mudik tersebut sebagai acuan pemerintah untuk mulai menyusun kebijakan hingga melakukan pengaturan.

"Utamanya dengan mulai dari mematangkan pengaturan persiapan arus mudik Lebaran dengan menambah sejumlah fasilitas hingga mematangkan infrastruktur guna kelancaran serta kenyamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik nantinya," kata Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (5/3).

Bamsoet turut mendorong kementerian dan lembaga terkait untuk terus memonitor persiapan dan kesiapan mudik Lebaran, dengan secara rutin meninjau langsung infrastruktur hingga sarana prasarana tambahan yang dipersiapkan khusus untuk arus mudik juga arus balik Lebaran.

"Upaya ini diperlukan agar dapat dipastikan seluruh kesiapan berjalan tepat waktu dan sesuai target pemerintah," kata Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Kemenhub hingga Korlantas Polri untuk mulai memetakan potensi rawan kepadatan saat mudik Lebaran, sehingga bisa secara dini dilakukan antisipasi dan rekayasa lalu lintas guna kenyamanan para pemudik.

Berikutnya, Bamsoet meminta komitmen pemerintah bersama lembaga/instansi dan pihak terkait untuk juga mengkaji dan mengantisipasi hambatan mudik dari pengalaman mudik tahun sebelumnya, disamping terus berupaya memberikan pelayanan yang baik dan optimal bagi para pemudik.

"Sehingga diharapkan, mampu menciptakan momen mudik Lebaran yang lancar, aman dan nyaman," pungkas Bamsoet. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA