Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gajah Sumatera Mati Tersengat Listrik di Pidie Jaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Minggu, 25 Februari 2024, 18:10 WIB
Gajah Sumatera Mati Tersengat Listrik di Pidie Jaya
Seekor gajah Sumatera yang ditemukan mati di perkebunan Transmigrasi Panton Limeng, Gampong Aki Neungoh, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, Aceh/Ist
rmol news logo Seekor gajah Sumatera yang diperkirakan berusia 13 tahun ditemukan mati akibat tersengat listrik di perkebunan Transmigrasi Panton Limeng, Gampong Aki Neungoh, Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya, Aceh, pada Selasa (20/2).

"Kami mendapatkan informasi tersebut dari masyarakat,“ kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Gunawan Alza dikutip dari Kantor Berita RMOLAceh, Minggu (25/2).

Menurut Gunawan, setelah mendapatkan informasi, pada hari yang sama, petugas BKSDA Resort Wilayah 6 Sigli langsung menuju lokasi. Kemudian dilakukan pemeriksaan terkait kematian gajah liar tersebut.

"Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa gajah tersebut berjenis kelamin jantan," ujar Gunawan.

Proses pemeriksaan melibatkan tim dokter hewan dari BKSDA Aceh, Resort RKW 6 Sigli dan PKSL FKH USK. Kegiatan tersebut juga melibatkan pihak fauna & flora, Ranger Gunong Pala dan pihak keamanan setempat.

"Tim melakukan nekropsi (bedah bangkai) dan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk mengetahui penyebab kematian gajah" ujar Gunawan.

Menurut Gunawan, di lokasi ditemukannya gajah mati, terdapat pagar listrik yang mengelilingi kebun masyarakat. Diduga, pagar inilah yang menyebabkan kematian gajah.

"Saat diperiksa bangkai gajah sudah mengalami outolisis (pembusukan organ)," ujar Gunawan.

Saat ditemukan, kata Gunawan, kaki gajah masih terlilit kawat listrik dan sepasang gadingnya masih utuh. Gading tersebut sudah diamankan oleh tim BKSDA Aceh.

Gunawan mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan  bedah bangkai hewan, yang dilakukan secara makroskopis (mata telanjang), dipastikan kematian gajah liar karena tersengat arus listrik.

Gunawan mengatakan, sampel organ dalam sudah mengalami pembusukan. Sehingga tidak dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium.

"Hasil pemeriksaan organ pencernaan dan lambung tidak menemukan benda-benda asing seperti racun," tutup Gunawan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA