Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pj Gubernur Sumut Lantik Walikota Gunungsitoli

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Selasa, 06 Februari 2024, 22:34 WIB
Pj Gubernur Sumut Lantik Walikota Gunungsitoli
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin melantik Wali Kota Gunung Sitoli, Sowa'a Laoli/RMOLSumut
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melantik Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No. 41, Medan, Senin (5/2/2024).

Dalam pelantikan ini Hassanudin berpesan agar Gunung Sitoli tetap mempertahankan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Ini salah satu tolok ukur meningkatnya kesehatan, pengetahuan dan kehidupan layak di Gunungsitoli.

IPM Kota Gunungsitoli meningkat rata-rata 0,63% per tahun dari 2020 hingga 2023. Peningkatan juga terjadi dua tahun terakhir, 2022 IPM Gunungsitoli sebesar 71,11 poin dan di 2023 menjadi 71,55 poin (meningkat 0,44 poin).

“Tren positif ini agar semakin ditingkatkan melalui berbagai program, manfaatkan posisi sebagai pintu gerbang dan pusat perdagangan di Kepulauan Nias, dan memiliki infrastruktur strategis,” kata Hassanudin usai melantik Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, seperti dilansir RMOLSumut.

Hassanudin juga berpesan kepada Sowa’a Laoli untuk terus berkomitmen menangani masalah stunting dan kemiskinan ekstrem. Caranya antara lain mengaktifkan Posyandu, menyediakan anggaran dan bekerja sama dengan Forkopimda.

“Berdayakan Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai mitra untuk deteksi awal dan kegiatan penanganan yang konkrit di lapangan,” kata Hassanudin.

Poin lain yang perlu diperhatikan Sowa’a Laoli, menurut Hassanudin, adalah terkait Pemilu dan Pilkada. Sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak merupakan kunci keberhasilan mewujudkan Pemilu dan Pilkada yang aman dan damai.

“Segera antisipasi gejolak sekecil apapun, dan itu bisa dilakukan dengan sinergi yang kuat antara Pemda, Forkopimda dan stakeholder,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli bersama istrinya Venny Sowa’a Laoli yang dilantik sebagai Ketua TP PKK Gunungsitoli,  menyampaikan akan tetap berkomitmen untuk bekerja maksimal melayani masyarakat.

“Kami akan meneruskan pembangunan di Gunungsitoli, di sisa periode ini kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat,” kata Sowa’a Laoli, yang dilantik sebagai Walikota Gunungsitoli,  menggantikan Lakhomizaro Zebua, karena meninggal dunia,.

Hadir pada Pelantikan Walikota Gunungsitoli ini antara lain, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wakapolda Sumut Kombes Rony Samtana Tarigan, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu beserta unsur Forkopimda lainnya. Hadir juga  Ketua Dharma Wanita Sumut Dian Arief Trinugroho, OPD terkait Pemprov Sumut dan OPD Gunungsitoli.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA