Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanaman Sekitar Bundaran HI Rusak Diinjak-injak Warga Rayakan Tahun Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 04 Januari 2024, 03:01 WIB
Tanaman Sekitar Bundaran HI Rusak Diinjak-injak Warga Rayakan Tahun Baru
Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Khoirudin/Ist
rmol news logo DPRD Provinsi DKI Jakarta meminta pemerintah provinsi segera memperbaiki tanaman rusak di sekitar Bundaran Hotel Indonesia. Kerusakan terjadi akibat terinjak-injak para pengunjung perayaan malam tahun baru.

Wakil Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Khoirudin turut menyayangkan atas kondisi kerusakan tanaman tersebut. Menurut dia, Pemprov DKI sudah semestinya bisa antisipasinya. Sebab, kejadian tersebut kerap berulang pada momentum yang sama setiap tahun.

“Itu harus diantisipasi oleh pemda (pemerintah daerah).Sehingga kalau ini terjadi pasti keluar biaya lagi untuk perbaikan taman dan sebagainya,” kata Khoirudin dikutip dari laman DPRD DKI Jakarta, Kamis (4/12).

Khoirudin juga meminta pemprov mengevaluasi dan membuat aturan, serta imbauan guna menghindari peristiwa serupa.

“Harus ada evaluasi. Sehingga kalau menghadirkan banyak orang, resiko tanaman terinjak bisa dihindari,” ungkap politikus PKS ini.

Selain evaluasi, Khoirudin juga mendorong pemprov membuat aturan sanksi terhadap warga yang menginjak tanaman di setiap taman. Sehingga terwujud kesadaran pentingnya menjaga keindahan kota.

“Ini tanggungjawab bersama ya antara Pemerintah dan masyarakat. Makanya harus ada kesadaran untuk menjaga tanaman-tanaman sekitar,” kata Khoirudin.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Bayu Meghantara menjelaskan, tanaman rusak mencapai seluas 208 meter persegi. Di antaranya, tanaman varian bakung lele, aralia, dan bougenville.

Ia menargetkan, perbaikan dilakanakan selama tiga hari ke depan. Sehingga kondisi taman kembali seperti semula.

“Kami targetkan Insya Allah dua sampai tiga hari ke depan selesai. Selamat tahun baru untuk kita semua, mari sama-sama jaga alam kita, Insya Allah alam juga akan menjaga kita,” kata Bayu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA