Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ditjen Bina Pemdes Gelar Rakorda Evaluasi Pelaksanaan P3PD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Senin, 11 Desember 2023, 20:33 WIB
Ditjen Bina Pemdes Gelar Rakorda Evaluasi Pelaksanaan P3PD
Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Pemdes, La Ode Ahmad P Bolombo/Ist
rmol news logo Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) 2023 secara serentak, di Yogyakarta dan Medan, Senin (11/12).

Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Pemdes, La Ode Ahmad P Bolombo, saat membuka kegiatan secara online, mengatakan, Rakorda kali ini merupakan forum strategis untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan P3PD di daerah.

"Apakah telah sesuai tujuan dan sasaran yang diharapkan, yakni memperkuat kapasitas kelembagaan pemerintahan desa dalam meningkatkan kualitas belanja desa," katanya.

Dia juga menyatakan, pada pelaksanaan P3PD, peran dan dukungan daerah sangat dibutuhkan. Dukungan dan keterlibatan dari pemerintah daerah diperlukan, dalam rangka koordinasi antar pelaku P3PD dengan para konsultan dan pendamping profesional daerah.

Mereka juga dibutuhkan dalam pelaksanaan fungsi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Saya berharap, dengan kerja keras bersama di Desember ini realisasi anggaran akan meningkat dan dapat mencapai target penyerapan sesuai yang kita harapkan," katanya.

Dia juga meminta daerah mendukung pelaksanaan kegiatan P3PD melalui dukungan anggaran daerah atau APBD untuk kegiatan operasional tim pelaksana P3PD daerah/sekretariat bersama.

Rakorda ini, sambung dia, bisa mengidentifikasi dukungan dan kontribusi berbagai pihak dalam pelaksanaan P3PD 2023.

Selain itu juga bisa sebagai forum berbagi pengetahuan (knowledge sharing) pelaksanaan P3PD dari seluruh komponen yang ada di daerah.

"Menyusun rencana kegiatan prioritas dan strategi pelaksanaan P3MD 2024 di tingkat provinsi dan kabupaten," katanya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA