Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TB Chaerul: P3PD Meningkatkan Perencanaan Desa Partisipatif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Selasa, 05 Desember 2023, 08:48 WIB
TB Chaerul: P3PD Meningkatkan Perencanaan Desa Partisipatif
Direktur Fasilitasi LKAD, PKK, dan Posyandu Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, TB Chaerul Dwi Sapta (kanan)/Ist
rmol news logo Direktur Fasilitasi LKAD, PKK, dan Posyandu Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, TB Chaerul Dwi Sapta, berharap Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) mampu memberikan dampak pada meningkatnya peran aparatur desa dan pengurus lembaga desa mewujudkan perencanaan desa yang partisipatif.

Dia juga berharap tata kelola pemerintahan dan pembangunan desa bisa lebih optimal, sehingga terjadi peningkatan kualitas belanja desa.

"Optimalisasi potensi ekonomi desa melalui pengembangan BUMDes, sehingga dapat menekan laju urbanisasi," tuturnya, lewat keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (5/12).

Chaerul juga melaporkan, untuk Provinsi Sulawesi Selatan ada 964 desa yang ditarget, namun hingga akhir pelatihan terealisasi 892 desa (92,53 persen). Sedang dari target peserta sebanyak 3.856, terealisasi 3.357 (87,06 persen).

Lebih lanjut dikatakan, pemerintah memberikan pelatihan kepada aparatur desa melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), pada 2023 dan 2024, mencakup 33 provinsi, hasil kerjasama dengan Worid Bank (Bank Dunia).

P3PD bertujuan meningkatkan kualitas perencanaan dan pengelolaan serta mempercepat serapan APBDes (termasuk dana desa). "Prioritasnya, mendorong percepatan pembangunan desa, pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa," jelasnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA