Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dijanjikan Ridwan Kamil Buka Kembali Hari Ini, TPA Sarimukti Ternyata Masih Tutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 28 Agustus 2023, 19:10 WIB
Dijanjikan Ridwan Kamil Buka Kembali Hari Ini, TPA Sarimukti Ternyata Masih Tutup
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat meninjau lokasi kebakaran TPA Sarimukti/RMOLJabar
rmol news logo Kendati api sudah padam di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), namun titik-titik asap masih ada. Sehingga, sampai hari ini, Senin (28/8), operasional TPA Sarimukti masih ditutup.

Padahal sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berjanji akan kembali membuka operasional TPA Sarimukti paling telat hari ini.

Kepala UPT TPA Sarimukti, Riswanto mengatakan, api di TPA Sarimukti telah padam, namun proses pemadaman masih berlangsung mengingat kepulan asap masih ada. Sehingga, operasional untuk armada truk pengangkut sampah masih dibuka kembali.

"Kalau api sudah padam, tapi tinggal asapnya saja. Jadi untuk operasional (TPA Sarimukti) belum dibuka," kata Riswanto, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Senin (28/8).

Diterangkan Riswanto, operasional TPA Sarimukti masih menunggu instruksi atasan, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar. Maka dari itu, dirinya belum bisa mengizinkan armada truk pengangkut sampah masuk TPA Sarimukti untuk membuang sampah sebagaimana biasanya.

"Kalau kita menunggu instruksi atasan. Kalau atasan belum mengizinkan, ya kita juga belum bisa mengizinkan. Kita di sini menunggu komando dari atas," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyebut butuh waktu dua hari bagi dirinya untuk membuka akses empat zonasi di TPA Sarimukti bagi armada truk pengangkut sampah dari empat kabupaten/kota.

"Jadi selama dua hari kepada kota/kabupaten yang terdampak mohon menyesuaikan, paling cepat Minggu paling telat hari Senin (28/8) pagi sudah bisa membuang sampah secara normal," ucap Kang Emil saat meninjau lokasi kebakaran TPA Sarimukti, Jumat kemarin (25/8).

"Dan berharap Minggu atau Senin, 100 persen penanggulangan sampahnya sudah beres," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA