Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tol Bocimi Seksi II Telan Biaya Rp3,2 Triliun, Jakarta-Sukabumi Kini Hanya 2,5 Jam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 04 Agustus 2023, 14:30 WIB
Tol Bocimi Seksi II Telan Biaya Rp3,2 Triliun, Jakarta-Sukabumi Kini Hanya 2,5 Jam
Presiden RI Joko Widodo meresmikan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi II ruas Cigombong-Cibadak, di gerbang tol Parungkuda/Ist
rmol news logo Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi II ruas Cigombong-Cibadak, Jumat (4/8). Peresmian ruas tol sepanjang 11,9 kilometer ini dilakukan di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan.

Dirinya berharap, dengan selesainya ruas Cigombong-Cibadak ini, akses dari Jakarta menuju wilayah Sukabumi dapat ditempuh dengan lebih singkat, termasuk ke tempat-tempat wisata.

“Nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini, hanya kurang lebih 2,5 jam,” tuturnya.

Selain itu, keberadaan infrastruktur ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang yang akan berpengaruh terhadap peluang investasi di Jawa Barat.

“Dari survei para investor yang ada, kenapa Provinsi Jawa Barat menduduki ranking pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” ujarnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA