Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Ritual Larung Saji, Bupati Blitar Lestarikan Budaya Sekaligus Dongkrak Wisatawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Jumat, 28 Juli 2023, 12:05 WIB
Lewat Ritual Larung Saji, Bupati Blitar Lestarikan Budaya Sekaligus Dongkrak Wisatawan
Bupati Blitar Rini Syarifah saat acara ritual larung sesaji/Net
rmol news logo Pengembangan potensi daerah turut menjadi fokus kerja Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Salah satunya di bidang pariwisata.

Seperti pada peringatan Tahun Baru Islam 1445 H lalu. Pemkab Blitar menggelar ritual larung sesaji di Pantai Tambakrejo di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto pada Jumat (21/7). Acara ini dihadiri langsung Bupati Blitar Rini Syarifah dan sejumlah kepala OPD terkait.

Bupati Rini Syarifah menjelaskan bahwa ritual tahunan larung sesaji yang digelar di Pantai Tambakrejo ini adalah upaya Pemkab untuk melestarikan budaya serta mendongkrak jumlah wisatawan.

“Ritual yang digelar tahunan ini bertujuan untuk mendongkrak jumlah wisatawan yang hadir di Pantai Tambakrejo, sekaligus juga untuk melestarikan budaya,” jelas dia kepada wartawan, Kamis (27/7).

Perempuan yang akrab disapa Mak Rini ini mengatakan, ritual larung sesaji di Pantai Tambakrejo sudah mendapat predikat WBTB atau warisan budaya tak benda dari UNESCO. Artinya, ritual itu sudah selayaknya dijaga dan dilestarikan.

Ritual ini juga menjadi salah satu agenda wisata di Kabupaten Blitar yang bisa mengundang wisatawan lokal hingga mancanegara untuk datang.

Rini menyampaikan, jika jumlah wisatawan yang datang di ritual larung sesaji setiap tahunnya bisa meningkat drastis, maka secara otomatis dapat mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Blitar dari sektor pariwisata. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA