Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemendag Selalu Kawal dan Fasilitasi UMKM agar Naik Kelas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 18 Juli 2023, 17:19 WIB
Kemendag Selalu Kawal dan Fasilitasi UMKM agar Naik Kelas
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat mengunjungi Sentra UMKM Griya Kain Tuan Kentang di Kota Palembang/Net
rmol news logo Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen dalam mengawal dan memfasilitasi seluruh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ada dua yang hendak dicapai agar UMKM bisa naik kelas, yaitu memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk.

Begitu tegas Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat mengunjungi Sentra UMKM Griya Kain Tuan Kentang di Kota Palembang, Sumatera Selatan, hari ini, Selasa (18/7). Dia berharap UMKM Indonesia bisa semakin berdaya saing.

"Pemerintah akan terus mengawal dan memfasilitasi UMKM agar naik kelas dan mendapatkan akses pemasaran yang lebih luas, termasuk melalui lokapasar (marketplace), ritel, bahkan hingga menembus pasar ekspor,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Wamendag Jerry juga menjelaskan bahwa pemerintah memiliki perwakilan perdagangan di luar negeri yang selalu siap membantu UMKM memasarkan produknya di pasar global.

Perwakilan perdagangan yang terdiri dari atase perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), siap membantu memfasilitasi UMKM melakukan penjajakan bisnis (business matching). Termasuk, mempertemukan pelaku UMKM dengan pembeli potensial.

Sedang bagi yang akan memulai ekspor, Kementerian Perdagangan juga menyiapkan program pendampingan ekspor (export coaching program).

"UMKM adalah salah satu pilar perdagangan Indonesia. Untuk itu, pemerintah mendukung UMKM untuk terus kreatif, inovatif, responsif, dan adaptif terhadap dinamika perekonomian nasional, maupun global," tutup Wamendag. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA