Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rayakan Iduladha, Warga Desa Kadilangu Demak Pegang Teguh Larangan Sembelih Sapi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 29 Juni 2023, 00:58 WIB
Rayakan Iduladha, Warga Desa Kadilangu Demak Pegang Teguh Larangan Sembelih Sapi
Warga Desa Kadilangu tak pernah menyembelih sapi untuk kurban pada Iduladha/RMOLJateng
rmol news logo Masyarakat Desa Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, hingga saat ini masih mengikuti larangan penyembelihan sapi pada Hari Raya Iduladha.

Larangan ini dipercaya merupakan perintah dari Sunan Kalijaga saat melakukan syiar agama Islam di Desa Kadilangu Demak, sekitar abad ke-15 silam.

Menurut Imam Masjid Kadilangu, Kiai Hasan Khanafi, larangan penyembelihan sapi ini sudah diikuti masyarakat desa sejak ratusan tahun yang memang dipercaya sebagai perintah Sunan Kalijaga.

“Kanjeng Sunan Kalijaga konon melarang menyembelih sapi karena untuk menghormati agama Hindu yang menganggap hewan tersebut suci. Sampai sekarang kami juga tidak menerima sapi untuk hewan kurban,” kata Kiai Hasan, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Rabu (28/6).

Selain itu, larangan penyembelihan hewan sapi saat Iduladha masih dijalani oleh masyarakat desa sebagai wujud toleransi antarumat beragama.

“Pelaksanaan hewan kurban hari Sabtu nanti. Karena sibuk, nanti usai shalat Id ada penjamasan. Sekarang sudah ada satu kerbau dan delapan kambing yang sudah daftar, dan kemungkinan bisa bertambah. Saat ini masih di penampungan peternak, karena di sini enggak ada tempatnya,” tambah Kiai Hasan.

Meski umat Hindu di Demak sangat minim, namun larangan Sunan Kalijaga masih dipegang teguh warga Desa Kadilangu. Dan bahkan sudah menjadi hukum adat di desa tersebut. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA