Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waspada! Sebagian Wilayah di Jabar Rawan Kekeringan Akibat El Nino

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 21 Juni 2023, 10:33 WIB
Waspada<i>!</i> Sebagian Wilayah di Jabar Rawan Kekeringan Akibat El Nino
Ilustrasi kekeringan/Net
rmol news logo Beberapa daerah di Jawa Barat rawan mengalami kekeringan dampak El Nino.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, beberapa wilayan itu di antaranya Indramayu, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya dan Ciamis.

"Biasanya wilayah Indramayu, sebagian Cirebon dan Kuningan yang parah, tetapi saat ini sudah terbantu dengan adanya Waduk Jatigede," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jabar, Dani Ramdan diberitakan Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (21/6).

Berbagai langkah pun dilakukan pemerintah bersama BPBD Jawa Barat untuk mengantisipasi dampak El Nino.

"Kami sudah koordinasi dengan kabupaten dan kota, terutama yang rawan terkena dampak. Masing-masing daerah sudah menginput data yang harus diantisipasi seperti untuk pengairan sawah dan air bersih," jelasnya.

Terkait persediaan air bersih, langkah antisipatif yang dilakukan adalah mengoptimalkan fungsi tangki-tangki air yang dimiliki BPBD, PDAM, PU, dan PMI.

"Kami menyuplai air bersih ke permukiman jika dibutuhkan dan membuka hotline. Itu semua sudah kami siapkan. Untuk pengairan sawah, kami akan kembangkan irigasi berkoordinasi dengan pihak terkait dengan mengoptimalkan waduk-waduk yang saat ini kondisinya masih normal," terangnya.

Di sisi lain, BPBD Jabar sedang menyiapkan keputusan tentang status siaga darurat kekeringan menghadapi dampak kekeringan akibat El Nino. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA