Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Okupansi Capai 100 Persen, Arus Pemudik di Daop 1 Jakarta Memasuki Masa Puncak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 20 April 2023, 08:59 WIB
Okupansi Capai 100 Persen, Arus Pemudik di Daop 1 Jakarta Memasuki Masa Puncak
Pemudik yang menggunakan jasa kereta api terus meningkat/Ist
rmol news logo Puncak arus mudik 2023 mulai terjadi di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, Jakarta, pada Kamis (20/4). Indikasinya terlihat dari peningkatan volume penumpang yang signifikan di dua stasiun tersebut.

"Pantauan keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Kamis 20 April 2023 volume penumpang berangkat kembali mengalami peningkatan," kata Kahumas KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta, Eva Chairunisa, melalui keterangannya, Kamis (20/4).

Berdasar data KAI, sekitar 24.200 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi. Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 18.500 dengan layanan 38 KA.

Total okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta pun sudah mencapai 100 persen.

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit, yakni 14 April 2023 sampai 23 April 2023.

"Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen. Dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19, 20, dan 21 April 2023, di mana tingkat okupansi telah mencapai 100 persen," papar Eva.

Adapun kota tujuan yang menjadi pilihan di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Demi menghadapi lonjakan pemudik, Daop 1 Jakarta menambah sejumlah fasilitas di stasiun, seperti kursi tunggu dan area bermain anak. Fasilitas toilet dan area ibadah juga diperbarui.

Di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, pihak Daop 1 juga dilakukan penambahan petugas pelayanan dan pengamanan untuk memastikan angkutan lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Terakhir, Eva mengimbau pemudik yang telah mengetahui jadwal keberangkatan untuk datang lebih awal guna menghindari keterlambatan perjalanan kereta. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA