Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Pemudik Pakai Mobil Listrik, Kementerian PUPR Siapkan SPKLU di 14 Titik Rest Area

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 13 April 2023, 05:22 WIB
Dukung Pemudik Pakai Mobil Listrik, Kementerian PUPR Siapkan SPKLU di 14 Titik Rest Area
SPBU Listrik atau SPKLU di rest area tol/Ist
rmol news logo Para pemilik mobil listrik yang berencana mudik pada libur Idulfitri tahun ini tak perlu cemas kehabisan baterai di tengah perjalanan. Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah menyiapkan sejumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah ruas tol.

Ada 14 titik rest area yang menyediakan SPKLU. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Jurubicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja mengatakan, pada mudik Lebaran 2023 ini para Badan Usaha Jalan Tol bersama mitra terkait telah menyiapkan SPKLU di 14 titik rest area jalan tol.

"Kami sebagai regulator penyelenggaraan layanan jalan tol tentunya menyambut positif inisiatif BUJT bersama mitra terkait. Charging point atau SPKLU ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR untuk mendorong terbentuknya ekosistem mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang lebih baik," jelasnya,  melalui keterangan tertulis, Rabu (12/4).

Adapun 14 unit SPKLU yang tersebar di beberapa ruas tol itu adalah di ruas tol Jakarta-Merak di rest area KM 13A; ruas tol Trans Jawa (Jakarta-Cikampek-Semarang-Solo-Surabaya hingga Probolinggo) di rest area KM 6B, KM 208B, KM 389B, KM 456B, KM 519B, KM 616B, KM 207A, KM 379A, KM 519A, KM 626A, dan rest area KM 695A.

Sedangkan dua titik SPKLU lainnya berada di ruas tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), yaitu di Rest Area KM 10A arah Bogor dan rest area KM 21B arah Jakarta.

Selain itu, SPKLU juga sudah tersedia di kota-kota besar di Pulau Jawa yang menjadi destinasi para pemudik. Dengan demikian diharapkan para pemudik dapat merasa lebih aman, nyaman dan tenang menggunakan mobil listrik.

Penyediaan SPKLU ini memang terus didorong, mengingat jumlah pengguna mobil listrik terus meningkat cukup signifikan di Indonesia.

Berdasarkan laporan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik sepanjang 2022 di Indonesia mencapai 15.437 unit. Jumlahnya melesat 383,46 persen dibandingkan setahun sebelumnya yang 3.193 unit saja. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA