Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersatunya Bamus Betawi jadi Momentum Majukan Kota Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 24 Desember 2022, 05:38 WIB
Bersatunya Bamus Betawi jadi Momentum Majukan Kota Jakarta
Badan Musyawarah (Bamus) Betawi dengan Bamus Suku Betawi 1982 resmi melebur menjadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi dalam sebuah deklarasi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (22/12)/Ist
rmol news logo Ketua Umum Gerakan Masyarakat Cinta Jakarta (Gema Cita), Hilman Firmansyah mengapresiasi bersatunya dua kubu Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menjadi Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi.

"Bersatunya dua Bamus Betawi ini menjadi tonggak sejarah, mari kaum Betawi bersatu untuk membangun dan memajukan Kota Jakarta," kata Hilman dikutip dari Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (23/12).

Sebelumnya, Bamus Betawi pimpinan Riano P. Ahmad dan Bamus Suku Betawi 1982 pimpinan Zainuddin/H. Oding resmi mendeklarasikan Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi di Balai Kota DKI Jakarta, disaksikan oleh Ketua Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Hilman mengatakan, Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi memiliki peran penting sebagai pengemban amanah dalam memperjuangkan dan menjaga marwah serta eksistensi kaum Betawi dalam melestarikan budaya Betawi serta perekat nilai-nilai budaya yang masuk serta menjadi benteng dari pengaruh budaya luar.

Deklarasi tersebut sekaligus mencairkan ketegangan dua Bamus Betawi yang terpecah selama beberapa tahun.

Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi dinahkodai Marullah Matali sebagai ketua dengan dukungan Ketua Umum Bamus Betawi, Riano P. Ahmad, dan Ketua Umum Bamus Suku Betawi 1982, Zainuddin.

Marullah menyampaikan bahwa, deklarasi hanyalah awal dari tugas dan tanggung jawabnya ke depan. Karena, salah satu latar belakang pendirian Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi untuk turut melestarikan budaya Betawi.

"Selepas deklarasi ini, kami mengemban tugas untuk dapat mempertahankan yang selama ini sudah terlaksana sekaligus meneruskan keinginan luhur para tokoh Betawi," kata mantan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta ini.

Marullah memastikan pihaknya akan intensif membangun komunikasi serta merumuskan gagasan dan ide demi keberlangsungan organisasi dan masyarakat.

Harapannya, kehadiran Majelis Amanah Penyatuan Kaum Betawi memberikan manfaat dan dapat dimaksimalkan sebagai lembaga adat sesuai Pasal 18 UUD 1945 dan Perda 4/2015.

"Kita harus semakin erat, semakin akrab, dan turut andil dalam menyukseskan Jakarta untuk Indonesia," tutup Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Budaya ini. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA