Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Budayawan Jaya Suprana Dianugerahi Lifetime Achievement oleh Komunitas Jelajah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 22 Desember 2022, 23:11 WIB
Budayawan Jaya Suprana Dianugerahi <i>Lifetime Achievement</i> oleh Komunitas Jelajah
Jaya Suprana/Net
rmol news logo Komunitas Jelajah memberikan Lifetime Achievment Award kepada Jaya Suprana sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi atas kontribusinya selama ini.

Jaya Suprana mengaku dirinya hanyalah penggagas, semua hal yang telah dibuat, kata dia tidak akan mungkin bisa diwujudkan jika tidak ada seorang tokoh yang mau dan mampu mengembangkan gagasan-gagasan Jaya Suprana menjadi kenyataan.

“Tokoh tersebut adalah Aylawati Sarwono yang kini berperan sebagai CEO Jaya Suprana Institute antara lain terdiri dari Museum Rekor Dunia Indonesia, Jaya Suprana Show, Pusat Studi Kelirumologi, Laskar indonesia Pusaka, Jaya Suprana School of Performing Arts, Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan, dll,” kata Jaya Suprana dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12).

Sejak tahun 2012, Kominitas Jelajah telah menyelenggarakan “Indonesia Museum Award”. Adapun kegiatan ini digelar juga dalam rangka merayakan Hari Nasional Museum. Penghargaan Purwakalgrha kategori Lifetime Achiement Award tahun 2022 dilangsungkan berbarengan dengan upacara perayaan 10 tahun Indonesia Museum Award di kawasan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Depok.

Adapun dewan juri Indonesia Museum Award ini terdiri dari para guru besar, cendikiawan dan budayawan seperti Prof Wiendu Muryati, Prof Indroyono Sudilo, Samuel Watimena, Anggit Hernowo, Yadi Hedriana, DR Yuliadri Darwis.

Secara aklamasi, memutuskan untuk menganugerahkan penghargaan Purwakalgrha kategori “Pengabdian Sepanjang Masa” kepada Jaya Suprana, karena dianggap sebagai tokoh yang memiliki kontribusi nyata, tidak hanya terbatas pada bidang permuseuman dan kepurbakalaan di Tanah Air, namun juga yang secara konsisten melakukan upaya yang tak kenal lelah dalam mengoleksi, merawat, melestarikan dan mengkomunikasikan nilai-nilai luhur kebudayaan bangsa.

Diketahui, anugerah Lifetime Achiement Award dari lembaga Komunitas Jelajah merupakan yang kedua. Pada tahun 2017, Kantor Berita Politik RMOL di bawah pimpinan Teguh Santosa juga pernah memberikan Lifetime Achievement Award kepada Jaya Suprana. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA