Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dokter di Sri Lanka Berhasil Mengeluarkan Batu Ginjal Terbesar dan Terberat di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 16 Juni 2023, 07:12 WIB
Dokter di Sri Lanka Berhasil Mengeluarkan Batu Ginjal Terbesar dan Terberat di Dunia
Tim dokter bedah Sri Lanka, dengan batu ginjal terberat dan terbesar di dunia/Net
rmol news logo Dokter militer di Sri Lanka berhasil mengeluarkan batu ginjal yang ukurannya lebih besar dari bola bisbol, dan menjadi yang terbesar dalam sejarah medis.

AFP pada Kamis (15/6) melaporkan, dokter melakukan operasi pada pensiunan tentara berusia 62 tahun, Canistus Coonge, pada 1 Juni di Rumah Sakit Angkatan Darat Kolomo di ibu kota Sri Lanka.

"Pengangkatan batu ginjal terbesar dan terberat di dunia melalui operasi besar terjadi pada 1 Juni di Rumah Sakit Angkatan Darat Kolombo," kata militer dalam sebuah pernyataan.

Batu ginjal itu telah secara resmi ditambahkan ke Rekor Dunia Guinness sebagai "batu ginjal terbesar dan terberat" yang pernah dikeluarkan melalui operasi besar.

Batu itu berukuran panjang 13,372 sentimeter – atau lebih dari 5,2 inci, mendekati panjang iPhone 14 Pro – dan beratnya 801 gram, yaitu sekitar 1,76 pon.

Gambar yang diterbitkan oleh Angkatan Darat Sri Lanka menunjukkan benda besar yang ditimbang dan diukur di dalam ruang operasi setelah operasi.

Guinness World Records kemudian mengonfirmasi bahwa batu ginjal itu sebenarnya lebih besar dan lebih berat daripada batu yang memegang rekor sebelumnya.

Sebelumnya, batu ginjal terbesar di dunia ditemukan di India pada tahun 2004, dan berukuran panjang 13 sentimeter, atau sekitar 5,1 inci.

Batu ginjal terberat ditemukan di Pakistan pada tahun 2008, dengan berat 620 gram, atau sekitar 1,2 pon, menurut direktori Guinness.

Batu ginjal adalah endapan yang terbentuk saat mineral dan garam mengkristal di ginjal saat menyaring darah, menurut National Institutes of Health.

Melewati batu dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, membutuhkan pembedahan jika terlalu besar dan tersangkut.

Jika batunya kecil, bisa melewati saluran kemih tanpa menimbulkan gejala. Ketika batu ginjal lebih besar, gejalanya bisa berupa nyeri di punggung, samping, perut bagian bawah atau selangkangan, atau darah dalam urin.

Perawatan medis untuk batu ginjal biasanya melibatkan pemecahan batu menjadi beberapa bagian jika tidak dilakukan pengangkatan seluruhnya.

Coonge mengatakan kepada TV lokal Swarnavahini bahwa dia mengalami sakit perut sejak tahun 2020 dan pengobatan oral tidak membantu.

"Saya disuruh menjalani operasi setelah scan baru-baru ini," katanya. "Aku merasa normal sekarang." rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA